Yang Berkesenian, Disini Tempatnya

Sumber Foto : Heronika

PALANGKA RAYA – Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kota Palangka Raya terus berbenah. Lembaga yang menjadi induk organisasi dan komunitas, sanggar seni serta budaya itu menyusun langkah. Mereka menggelar Musyawarah Daerah (Musda) di Betang Hapakat Jalan RTA Milono, Jumat (1/3) lalu.

Ketua demisioner DKD kota kepengurusan periode 2015-2018, Dr Mofit Saptono menyerahkan kepengurusan lama kepada pimpinan sidang Jimmy O Andin. Mofit sendiri menolak untuk dipilih kembali pada agenda utama pemilihan pengurus periode 2019-2013.

“Siapa pun yang terpilih nanti kami harapkan mereka bisa focus untuk membawa organisasi ini semakin baik lagi dalam mengayomi seluruh anggota yang ada,” kata Mofit pada akhir penyampaian pertanggungjawaban kepengurusan yang lama.

Nama Jimmy O Andin, Chendana Putra Saer Sua dan Benny M Tundan sempat mengemuka. Namun setelah melalui pembahasan yang alot sejak pengesahan peserta, tata tertib, hingga program yang dibahas dalam komisi-komisi, akhirnya Jimmy O Andin yang didapuk menjadi ketua.

Demikian juga untuk posisi sekretaris, sempat muncul tiga nama, seperti Tris Shofia, Mariani dan Arbendi U Tue. Namun Tris yang dipercaya mendampingi Jimmy. Berikutnya Jimmy dan Tris bersama tim formatur akan membuat kepengurusan selengkapnya.

“Terima kasih untuk kepercayaan yang diberikan kepada kami. Setelah ini akan dirumuskan program dan kegiatan serta langkah-langkah strategis yang sudah dibahas dalam rapat-rapat komisi pada Musda tadi,” ujar Jimmy yang dikenal sebagai akademisi dan juga pimpinan Sanggar Tut Wuri Handayani,kemarin.

Salah satu prioritasnya adalah pendataan atau inventarisasi kembali komunitas atau sanggar seni dan budaya. Pada akhirnya adalah mereka akan mendapatkan legalitas untuk perlindungan hukum, sertifikasi, hingga Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). (ron)

501 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.