Segera Fungsikan Pelabuhan Batanjung

H Sugianto Sabran (Gubernur Kalteng)

PALANGKA RAYA-Walaupun hanya merupakan pelabuhan pengumpul dan bukan untuk pelabuhan ekspor, Pelabuhan Batanjung yang terletak di Kabupaten Kapuas akan segera dioperasikan.

“Kami akan konsen mempercepat pemfungsian Pelabuhan Batanjung, sehingga mengurangi ketergantungan terhadap provinsi lain dalam mengangkut komoditas dan hasil produksi dari Kalteng,” kata Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran di Istana Isen Mulang, Selasa (2/4).

Menurut orang nomor satu di Kalteng tersebut, jalan menuju pelabuhan masih labil. Hal tersebut dikarenakan pada jalur jalan itu merupakan daerah gambut. Karena itu, pemerintah mesti mengeluarkan dana Rp6 triliun lebih untuk membuat pile slab.

Terpisah, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat mengungkapkan bahwa dirinya sangat mengapresiasi respons gubernur untuk mempercepat pemfungsian Pelabuhan Batanjung.

Kendala saat ini, lanjut Ben Brahim S Bahat, adalah belum memiliki jalan yang representatif untuk dapat menunjang kelancaran akses masuk dan keluar ketika pelabuhan sudah dioperasikan nantinya.(nue/ce/ala/kapos)

485 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.