Tips Mengelola THR Agar Tidak Tergoda Dengan Banjir Diskon

ilustrasi Canva Design

Menjelang hari raya, biasanya THR alias Tunjangan Hari Raya sudah cair. Kalau di kantor saya, THR selalu berbarengan dengan gaji. Nah, kalau sudah begini, kita harus buru-buru membaginya ke berbagai pos keuangan. Soalnya, menjelang hari raya, ada banyak diskon dan promosi, baik di online store maupun di pusat perbelanjaaan.

Lalu, bagaimana agar tidak mudah kalap mata dengan diskon dan promo besar yang menggoda Anda untuk belanja? Simak tips berikut ini.

Pastikan Anda memiliki anggaran

Ya, lagi-lagi soal anggaran. Jadi, pastikan Anda membuat anggaran belanja sekarang, khususnya anggaran untuk THR Anda. Mengambil 5% sampai 10% untuk anggaran belanja tambahan boleh-boleh saja, asal tidak melebihi bujet ya.

Belanja jangan saat stres

Ketika Anda sedang stres, belanja memang menyenangkan. Namun, menurut pengalaman saya, stres justru bisa membuat kita mengeluarkan uang untuk belanja lebih banyak lagi, bahkan membeli sesuatu yang tidak kita butuhkan. Yuk, belajar mengontrol stres dan mengontrol keinginan kita untuk belanja.

Lupakan tentang kesempatan tidak datang dua kali

Pernah saat mau membeli sebuah barang dan ternyata diskon besar, Anda langsung berpikir, “Wah, kesempatan tidak datang dua kali, nih. Bakal menyesal kalau tidak beli padahal lagi diskon.” Nah, pikiran ini yang akhirnya membuat kita jadi belanja berlebihan, bahkan sampai belanja barang yang tidak kita butuhkan. Coba belajar menahan diri dan memikirkan kebutuhan tersebut, apakah ini hanya keinginan sesaat atau benar-benar butuh? Kalau benar-benar butuh, boleh Anda membelinya. Namun, kalau masih bisa ditunda, ingat, jodoh tidak akan ke mana-mana.(womantalk.com/career)

45 Views

About The Author

Related posts