Bidan; Pahlawan Kaum Wanita dan Penolong Dua Nyawa


TALK Show KPFM 101 MHz yang biasa hadir di ruang dengar pada pukul 09.00-10.00 kali ini menghadirkan Evi Trihartiningsih. Pada Kamis (20/6) Dosen pada Akademi Bidan (Akbid) Betang Asi Palangka Raya itu bicara banyak terkait seluk beluk kebidanan yang ditekuninya.
“Bidan itu penolong dua nyawa. Jadi tugas dan tanggunmjawabnya berat. Namun juga mulia. Kerena itu Bidan haruslah seorang pribadi yang sabar dan pekerja keras,” kata Evi pada Talk Show yang dipandu Kiki Lim itu dalam rangka menyambut Hari Bidan Nasional yang jatuh pada tanggal Senin 24 Juni 2019.
Dalam rangka memperlancar proses persalinan demi keselamatan dua nyawa, maka perlu persiapan yang baik. Terkhusus kepada mereka yang akan melahirkan. Itu harus dimulai dari awal kehamilan hingga proses kelahiran hingga ibu dan anak sehat dan selamat.
Pada Tri Semester Pertama, biasanya dalam proses ini seolah-oleh ibu yang sakit. Karena itu aktivitas rutin harus batasi. Misalnya tak mengangkat yang berat-berat,. “Lakukan pekerjaan bisa saja, namun harus menyesuaikan,” lanjutnya.
Apalagi pada masa ini perubahan hormon akan tinggi. Makanya bisa pusing dan mual, mudah merasa lelah. Bahkan ada yang muntah secara berlebihan. Bila sudah demikian segerala ke dokter supaya dapat nutrisi.
“Atau usahakan makan sedikit tapi sering. Makanan atau minuman yang hangat dan tidak berbau menyengat. Hindari makanan berminyak dan yang berlemak tinggi,” bebernya.
Sedangkan pada Tri Semester Kedua biasanya suda mulai bisa menyesuaikan. Namun tetap dibatasi aktivitas dan harus memberi waktu yang cukup untuk istirahat. Apalagi jika sudah memasuki Tri Semester Ketiga sudah mulai susah tidur.
“Cari posisi yang senyaman mungkin. Biasanya bolak balik buang air kecil. Antispasi dengan minum air yang banyak pada waktu siang dan kurangi pada malam hari. Hindari kopi dan minuman bersoda supaya istirahat bisa cukup pada malam hari,” lanjutnya.
Dalam proses ini setidaknya lakukan 4 kali pemeriksaan untuk kontrol kondisi bayi. Jika terjadi hal-hal yang mencurigakan segera periksa jangan tunggu jadwal kontrol. “Nikmati proses ini karena pada saatnya ketika bayi lahir akan lahir juga kebahagiaan yang luar biasa,” katanya memotivasi.
Dia berharap para wanita yang sedang melalui proses kehamilan untuk bersabar, tetap semangat, jaga kesehatan demi bayi yang masih dalam kandungan, namun perlu diatur pola makan dengan nutrisi yang baik. Jangan lupa kontrol kehamilan secara teratur. (ron-KPFM)

  • bidan1
  • bidan2
  • bidan3
  • bidan4
  • bidan5
  • bidan6
134 Views

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *