Kaya Vitamin C, Jeruk Juga Bisa Menurunkan Risiko Kanker

jpnn.com – Jeruk tentu saja bukan buah yang asing bagi kita, karena mudah untuk didapat. Jeruk yang sering kita makan ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

 

Apa saja manfaatnya? Yuk kita simak selengkapnya berikut ini, seperti dilansir laman Care2.

1. Menurunkan berat badan

Buah jeruk rendah kalori. Satu jeruk sedang memiliki 62 kalori, sedangkan jeruk bali memiliki 39 kalori. 

2. Mengurangi risiko defisiensi zat besi

Anda mungkin bingung karena buah jeruk bukan sumber zat besi. Tetapi vitamin C membantu meningkatkan penyerapan zat besi.

3. Jeruk bisa mencegah kanker tertentu

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa buah jeruk bisa menurunkan risiko kanker pencernaan termasuk kanker kerongkongan, pankreas dan lambung. Penelitian tambahan menunjukkan bahwa minum jus jeruk bali setiap hari bisa menurunkan risiko kanker paru-paru. Nutrisi ampuh dalam buah jeruk (vitamin C, flavonoid dan karotenoid) menawarkan manfaat melawan kanker ini.

4. Kesehatan jantung Anda bisa meningakat

Antioksidan dalam buah-buahan baik untuk jantung Anda. Serat juga membantu menjaga kesehatan jantung Anda dengan mengatur kadar kolesterol Anda. Perhatikan bahwa jeruk bali bisa berinteraksi dengan obat kolesterol dan tekanan darah.

5. Fungsi otak Anda bisa meningkat

Jus jeruk mungkin tidak baik untuk ukuran pinggang Anda, karena kandungan gula yang tinggi, tetapi bisa meningkatkan fungsi otak Anda. Menurut penelitian, jus jeruk bisa mencegah penurunan kognitif seiring bertambahnya usia. Antioksidan dalam buah jeruk melawan peradangan otak yang bisa menyebabkan kondisi kognitif, seperti Alzheimer.

6. Membantu mengurangi durasi flu

Banyak orang percaya vitamin C mencegah pilek tetapi itu hanya mitos. Namun, itu bisa membantu mengurangi keparahan dan durasi pilek.

7. Menjaga kulit Anda tetap awet muda

Diet sehat bisa menawarkan lebih banyak manfaat anti-penuaan daripada pil dan suntikan. Misalnya, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C bisa meningkatkan kadar kolagen dan menjaga kulit Anda tetap muda.(fny/jpnn)

266 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.