Bos Perusahaan Mobil Plat Merah Tiongkok Dipercaya Jadi CEO Nissan Motor

jpnn.com, JEPANG – Nissan Senior Vice President & President of Dongfeng Motor, Makoto Uchida, dipercaya oleh dewan direksi Nissan Motor untuk mengemban tanggung jawab sebagai representative Executive Officer dan Chief Executive Officer (CEO) Nissan, di Jepang, (8/10).

Makoto Uchida menggantikan Hiroto Saikawa yang telah mengundurkan diri pada 9 September 2019 lalu, karena terlibat sebuah skandal keuangan.

Nissan Motor juga menunjuk Chief Operating Officer Mitsubishi Motors Corporation, Ashwani Gupta, sebagai pejabat eksekutif perwakilan dan Chief Operating Officer (COO). Sementara Wakil Presiden Senior Nissan, Jun Seki, mengisi posisi vice-Chief Operating Officer.

Pejabat baru teras Nissan Motor di atas mulai efektif paling lambat 1 Januari 2020.

“Dewan menyimpulkan bahwa Uchida adalah pemimpin yang tepat untuk memajukan bisnis. Kami mengharapkan Uchida untuk memimpin perusahaan sebagai satu tim, segera fokus pada pemulihan bisnis dan merevitalisasi perusahaan. Kami berharap Gupta dan Seki memanfaatkan sepenuhnya keahlian dan pengalaman mereka untuk mendukung CEO baru,” kata Chair of the Board of Directors, Yasushi Kimura.

Uchida merupakan jebolan Fakultas Teologi dari Doshisha University. Pria kelahiran tahun 1966 ini masuk ke Nissan Motor pada Oktober 2003.

Uchida memiliki pengalaman baik mengendalikan brand Nissan yang saat ini bermitra dengan brand Dongfeng Motor Corp, di Tiongkok. Perusahaan plat merah China ini merupakan perusahaan terbesar ketiga dengan kapitalisasi pasar RMB 56 miliar (data 2018). (mg8/jpnn)

6 Views

About The Author

Related posts