Hutan Penanjakan Wisata Gunung Bromo Terbakar

Hutan di Gunung Bromo yang terbakar. Foto : Pojokpitu

jpnn.com, PASURUAN – Hutan di lereng Gunung Bromo terbakar tepatnya di area jalur wisata penanjakan Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan. Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS) telah mengerahkan petugasnya dengan dibantu TNI, Polri untuk melakukan pemadaman api yang berdekatan dengan warung di area menuju wisata sunrise.

“Tepatnya di Desa Wonokitri Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan,” ujar Kepala Resort Gunung Penanjakan TNBTS, Joko Purwito.

Dengan dibantu 1 unit tangki, petugas membasahi lahan yang dikelilingi ilalang dan kayu hutan. Selain itu, besarnya angin sejak empat hari kemarin membuat api terus menjalar ke sejumlah titik.

Joko mengatakan, total hutan penanjakan yang terbakar sudah mencapai 10 hektar.

“Meski begitu sejumlah api di beberapa titik yang berada di area jalur menuju wisata sunrise sudah berhasil dijinakan,” ujarnya.

Namun, sejumlah titik api lainnya masih belum bisa di padamkan. Keterbatasan alat dan medan yang cukup ekstrem membuat petugas kesulitan untuk memadamkan.

Akibat kebakaran ini sejumlah kawanan monyet semakin banyak di area musala dan pinggir jalan menuju wisata sunrise penanjakan.Hingga saat ini pemadaman api masih berlangsung, hembusan angin yang cukup kencang membuat api terus menjalar. (yos/pojokpitu/jpnn)

213 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.