Selain Kopi, Ini 6 Minuman yang Bisa Mendongkrak Semangat Anda di Pagi Hari

jpnn.com – Kopi menjadi minuman yang banyak dimanfaatkan untuk mendongkrak semangat pagi karena rasa dan aromanya yang khas. Lantas, bagaimana dengan yang tak suka atau tak bisa ngopi? T

Ternyata, selain kopi ada beberapa jenis minuman yang punya efek penyemangat yang serupa. Apa saja?

1. Campuran air putih dan lemon

Dehidrasi dapat mengacaukan kemampuan tubuh untuk berkonsentrasi. Nah, minum air putih dalam jumlah yang cukup bisa menjadi pilihan yang baik di pagi hari.

Bila tak suka dengan rasanya yang hambar, Anda juga bisa menambahkan irisan atau perasan lemon ke dalam gelas. 

Penelitian menunjukkan bahwa aroma lemon dapat meningkatkan kinerja pada aktivitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

Sebagai bonus, Anda pun akan mendapatkan asupan vitamin C yang diperlukan untuk memproduksi hormon norepinefrin, yaitu penghantar impuls saraf yang memengaruhi bagian otak yang mengontrol fokus pikiran.

2. Teh kamomil latte

Teh kamomil (chamomile) telah terbukti dapat mengurangi tingkat kecemasan dan emosi. Sementara itu, susu sapi mengandung asam linoleat terkonjugasi, yaitu lemak yang meningkatkan aliran darah ke otak dan menangkal efek hormon kortisol atau hormon stres.

Cukup menambahkan susu panas ke dalam secangkir teh kamomil, stres bisa dilawan!

3. Teh chai

Teh chai adalah dibuat dari kombinasi teh hitam, jahe, dan rempah-rempah lainnya. Jenis rempah-rempah yang paling popular termasuk cardamom, kayu manis, fennel, lada hitam, bunga lawang (star anise), dan lain-lain.

Sebuah studi pada tahun 2009 menemukan bahwa aroma kayu manis dapat meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi tingkat frustrasi. Selain itu, kayu manis juga diduga bisa menjaga kadar gula darah tetap stabil.

4. Teh hijau

Minuman tradisional ini mengandung L-theanine, yaitu asam amino yang bisa meningkatkan gelombang alfa pada otak (mirip dengan apa yang terjadi ketika Anda bermeditasi). Gelombang alfa sering dikaitkan dengan relaksasi dan ketenangan, serta fokus sempurna untuk mengawali hari.

5. Smoothie buah dan yoghurt

Ketika ingin mengubah suasana hati yang kurang baik, mungkin yang Anda butuhkan adalah campuran buah dalam bentuk smoothie. Akan lebih bermanfaat lagi jika Anda menambahkan Greek yogurt, yang dapat memperbaiki cara kerja neurotransmiter dalam meningkatkan suasana hati.

Selain itu, lewat smoothie tersebut, Anda juga bisa mendapatkan sejumlah probiotik yang baik untuk kelancaran sistem pencernaan. Bahkan, sebuah penelitian mengatakan bahwa probiotik dapat membantu mengobati depresi karena memiliki hubungan dengan peningkatan suasana hati.

6. Susu Cokelat

Cokelat sudah dipercaya sejak lama sebagai makanan pembangun mood. Bahkan, cokelat hitam (dark chocolate) sering disebut sebagai pilihan makanan atau minuman terbaik untuk memperbaiki mood yang berantakan.

Tak ada salahnya mengawali hari Anda dengan segelas susu cokelat panas ataupun dingin. Sebab, kandungan di dalamnya dapat membantu pelepasan endorfin dan meningkatkan kadar serotonin, sehingga bisa membuat suasana hati jadi lebih baik.

Hindari minuman bersoda (atau minuman lainnya yang kandungan gula rafinasinya tinggi), minuman berenergi, minuman beralkohol, atau bahkan kopi bila diminum dalam keadaan perut kosong. Semua minuman tersebut malah bisa menyebabkan dehidrasi dan bikin gugup.

Itu dia jenis minuman lainnya yang bisa mendongkrak semangat pagi. Pasalnya, semuanya juga memiliki manfaat baik jika dikonsumsi sebelum Anda memulai hari, dan sudah terbukti dalam penelitian medis! Jadi lain kali, selain mengandalkan kopi, selingi juga dengan susu cokelat, smoothie buah dan yoghurt, teh hijau, the chai, teh kamomil latte serta campuran air putih dan lemon.(MS/RN/klikdokter)

20 Views

About The Author

Related posts