5 Kiat Makan Nasi Padang Tanpa Khawatir Ancaman Kolesterol

Makan. Ilustrasi. Foto Trafoz

jpnn.com – Banyak orang yang menjadikan nasi padang sebagai hidangan favorit mereka. Namun, tak sedikit pula orang yang menghindari makan nasi padang karena mengandung banyak kolesterol.

Nasi Padang dan Ancaman Kolesterol

Anda ingin tetap bisa menyantap nasi padang tanpa khawatir berlebihan pada ancaman kolesterol tinggi? Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Makan Sayur

Jangan lupa untuk memasukkan menu sayuran pada piring Anda. Misalnya saja, daun singkong, sayur nangka, kacang panjang, timun, terong, atau apa pun sayuran yang tersedia. Selain itu, konsumsilah buah-buahan sebagai hidangan penutup.

2. Perhatikan Porsi Nasi

Nasi yang disajikan pada restoran padang biasanya melebihi jumlah porsi normal Anda sehari-hari. Mintalah setengah porsi atau bahkan dapat mencoba seperempat porsi. 

Pada umumnya, saat makan padang, Anda cenderung mengambil cukup banyak lauk pauk belum lagi ditambah minum es teh manis. Oleh karena itu, kurangilah porsi nasi. Perlu Anda ingat, asupan karbohidrat harian hanya 50 atau 60 persen dari total kalori yang dimakan.

3. Kunyah Perlahan

Hal ini cenderung sulit apalagi saat menyantap masakan padang. Nafsu makan yang terlewat tinggi apalagi dalam kondisi lapar, biasanya membuat Anda mengunyah lebih cepat sehingga ditelan lebih cepat. Hal ini sebenarnya tidak baik.

Semakin cepat mengunyah maka semakin cepat makanan masuk ke dalam lambung. Terkadang, hal seperti ini menyebabkan timbulnya rasa kenyang terlambat sehingga Anda akan makan lebih banyak.

Apabila Anda mengunyah dengan perlahan, secara tidak langsung sudah mengurangi risiko menambah porsi makan. Anda juga memastikan makanan dapat dicerna dengan baik di usus.

4. Hindari Hidangan Bakar-bakaran

Anda gemar memilih ikan bakar atau ayam bakar di restoran masakan padang? Kalau iya, lebih baik dihindari mulai saat ini. 

Pasalnya, makanan yang dibakar, apalagi yang ada bagian gosongnya memiliki risiko karsinogenik (pencetus sel kanker). Supaya lebih sehat, lebih baik pilih lauk pauk yang direbus atau dipanggang.

5. Minum Air Hangat

Setelah makan hidangan padang, alangkah baiknya untuk minum air hangat ataupun teh tawar hangat. Selain gratis, air hangat atau teh tawar hangat dapat membantu menetralkan lemak-lemak yang dimakan tadi sehingga memudahkan untuk dicerna.

Itulah tips agar tetap aman dari gangguan kolesterol tinggi saat mengonsumsi nasi padang. Namun demikian, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi masakan padang terlalu sering.

Isilah menu harian Anda dengan makanan sehat supaya kesehatan secara keseluruhan tetap terjaga.(HNS/AYU/klikdokter)

167 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.