Bandar Sabu Lintas Provinsi Dituntut 7 Tahun Penjara dan Rp 1 Miliar

Terdakwa Tri Joko alias Sehyen saat berkonsultasi dengan pendamping hukumnya, Bambang saat sidang tuntutan di PN Nanga Bulik, Rabu (8/1) lalu

NANGA BULIK – Tri Joko alias Sehyen, warga Pontianak, Kalbar harus menghadapi tuntutan jaksa yakni pidana kurungan penjara selama 7 tahun. Tuntutan jaksa dibacakan saat sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Nanga Bulik, Rabu (8/1) lalu.

Dalam sidang yang dipimpin oleh hakim tunggal Wisnu Kristiyanto, Jaksa Penuntut Umum (jpu) Syahanara Yusti Ramadona membacakan tuntutannya yang menyatakan terdakwa terbukti melanggar UU RI Nomor 35 tahun 2009, tentang Narkotika.

“Meminta kepada majelis hakim menjatuhi hukuman kepada terdakwa Tri Joko alias Sehyen, dengan pidana kurungan selama 7 tahun, denda Rp1 miliar, subsidair 1 tahun dikurangi masa penahanan,” ujar Jaksa yang akrab disapa Nara saat membacakan tuntutannya.

Selain itu, JPU meminta agar barang bukti dirampas untuk negara. Mendengar tuntutan Jaksa, terdakwa meminta keringanan hukuman serta mengakui kesalahanya.

“Saya minta permohonan, hukuman seringan-ringanya Yang Mulia,” ujar terdakwa setelah sebelumnya terlebih dahulu berkonsultasi dengan pendamping hukumnya. Namun, jaksa tetap pada tuntutan dan sidang dilanjutkan pada minggu depan dengan agenda putusan.

Untuk diketahui, terdakwa ditangkap di Jalan Lintas Trans Kalimantan Km 6, simpang Polres Lamandau, Rabu (10/10) lalu. Saat itu, terdakwa ditangkap anggota Satresnarkoba Polres Lamandau saat menggelar Ops Antik Telabang 2019.

Terdakwa diketahui membawa sabu dari Pontianak, Kalbar dan akan diedarkan di Kalteng. Barang bukti sabtu ditemukan di tas terdakwa saat dilakukan penggeledahan badan, mobil dan tas.

Barang bukti yang diamankan berupa 1 bungkus plastik klip kecil yang diduga narkotika jenis sabu dengan berat 35,12 gram, 1 telepon genggam merek IPhone 6S warna merah, uang tunai sebanyak Rp200.000, 1 tas kulit warna hitam merek di Bazzalo, dan 1 plastik kecil warna hitam untuk membungkus benda yang diduga narkotika jenis sabu. (cho/uni/nto)

341 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.