Pemkab Sukamara Jamin Keselamatan Nelayan

PIAGAM PENGHARGAAN : Bupati Sukamara H Windu Subagio (kiri) menerima piagam penghargaan atas dukungan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi nelayan di Kabupaten Sukamara. RUSLAN/ KALTENG POS

SUKAMARA – Pemerintah Kabupaten Sukamara menjamin keselamatan nelayan dengan menggandeng Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Hal ini dilakukan untuk menjamin keselamatan kerja bagi para nelayan saat pergi melaut di Kabupaten Sukamara.

Bupati Sukamara H Windu Subagio mengatakan, pihaknya menargetkan setidaknya 1.000 nelayan yang tinggal di kawasan pesisir khususnya Kecamatan Jelai dan Pantai Lunci (Jelunci) bisa terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan pada tahun 2020 ini.

“Ini merupakan bentuk kerjasama kita antara pemerintah Kabupaten Sukamara dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan jaminan kepada nelayan-nelayan kita yang beroperasi di perairan Sukamara,” ujar Bupati Sukamara H Windu Subagio belum lama ini.

Dirinya menjelaskan, hal ini dianggap penting. Karena pekerjaan sebagai nelayan memiliki resiko yang sangat tinggi, bahkan nelayan harus mempertaruhkan nyawanya saat pergi melaut menggunakan alat tangkap tradisional dengan resiko angin kencang dan gelombang tinggi.

“Ini merupakan bentuk perhatian sekaligus dukungan pemerintah terhadap nelayan tradisional di daerah,” jelasnya.

Untuk tahap pertama setidaknya akan ada sebanyak 500 nelayan yang mendapatkan jaminan keselamatan kerja di awal tahun 2020 ini. Sisanya akan terus ditambah secara bertahap sesuai target yang telah ditentukan.

Bupati Sukamara berharap melalui kerjasama ini, bisa membantu nelayan wilayah Kecamatan Jelai dan Kecamatan Pantai Lunci apabila terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat mencari ikan di laut.

“Kita semua berharap nelayan yang bekerja melaut selalu aman.  Kalaupun terjadi musibah, dengan adanya jaminan ini paling tidak bisa meringankan beban para nelayan tersebut,” imbuhnya.  (lan)

178 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.