Realisasi dan Progres Harus Sejalan, Terkait Pembangunan di Desa

Rahmanto Muhidin

PURUK CAHU–Di Kabupaten Murung Raya (Mura) disebut DPRD Mura ada sejumlah realisasi Dana Desa tahun 2019 yang dikelola pemerintah desa tidak terserap 100 persen. Dalam artian, desa yang sudah terima dana tapi hasil pembangunan tidak ada atau nol persen.

Mananggapi itu, Waket II DPRD Mura Rahmanto Muhidin, meminta pihak kecamatan dan PMD harus lebih optimal untuk mengawal realisasi dan pembangunan di desa itu.

“Harusnya progres realisasi dan progres pembangunan harus beriringan dan sejalan tidak boleh realisasi sudah 60-70 persen tapi pembangunannya masih nol persen. Berartikan  ada sesuatu yang harus dibenahi dan diperbaiki oleh PMS dan Kecamatan,” kata Rahmanto, Selasa (21/1).

Menurutnya, PMD dan pihak kecamatan harus membantu pemerintah desa. Jangan lepas tangan. Sebab jika tidak dibantu, akan berdampak dengan masalah hukum kedepan. Tentunya pula para kades-kades akan terjerat dengan masalah hukum jika salah kelola dana desa. “Ini perlu pengawalan dinas terkait yang lebih optimal agar pengunaan dana desa tepat sasaran,” tandasnya. (dad/ila)

190 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.