78 Pelajar SMP Albanna Ikut Pelatihan Bela Negara

Pelajar SMP Albanna Denpasar Bali mengikuti Program Pelatihan Dasar Bela Negara, Pembentukan Disiplin, dan Pembetukan Karakter Jiwa Bahari di Pangkalan TNI AL Denpasar Bali. Foto: Lanal Denpasar

jpnn.comDENPASAR – Sebanyak 78 orang pelajar SMP Albanna Denpasar Bali mengikuti Program Pelatihan Dasar Bela Negara, Pembentukan Disiplin, dan Pembetukan Karakter Jiwa Bahari di Pangkalan TNI AL Denpasar Bali.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut, diawali dengan Upacara Pembukaan di Gedung Serbaguna I.G.P Dwinda Mako Lanal Denpasar pada hari Jumat, 31 Januari lalu, dengan Pembina upacara Paspotmar mewakili Danlanal Denpasar serta Pemimpin upacara Dankal Tg. Pandangan Letda Laut (P) Triyono. Hadir juga dalam acara tersebut  adalah Kepala Sekolah SMP Albanna Ibu Sariwati dan beberapa dewan guru.

Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter kepemimpinan sejak dini. Selain itu, memberikan pelatihan kedisiplinan, pembentukan mental juang berupa pengenalan bela negara agar peserta pelatihan nantinya dapat memahami bahwa pengetahuan tentang bela negara, dan pembentukan kedisiplinan dan karakter bahwa kita sebagai warga negara wajib ikut serta dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Danlanal Kolonel Laut (P) M. Bimo Sutopo dalam sambutan tertulis dibacakan oleh Paspotmar Mayor Laut (KH) I Dewa Ketut Dana Susila menyampaikan harapannya kepada para pelajar agar mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan dengan semangat.

“Ikuti semua instruksi, arahan dan ilmu-ilmu yang diberikan para pelatih agar tujuan pelatihan ini dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan,” kata Kolonel Laut Bimo Sutopo.

Dia mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Pangkalan TNI Angkatan Laut Denpasar Bali dalam memberikan pelatihan ini.

“Mudah-mudahan kami dapat memberikan yang terbaik dalam melaksanakan pembinaan generasi yang akan menjadi calon-calon pemimpin di masa yang akan datang agar tetap cinta Tanah Air dan bangsa khususnya di bidang kebaharian.  Semoga  kegiatan ini akan dilanjutkan lagi tahun depan,” ujar Bimo yang juga dalam kesempatan itu membuka secara resmi kegiatan pelatihan.

Rangkaian pelatihan yang dilaksanakan dan materi yang diajarkan, kata Danlanal meliputi bela negara, teori kepemimpinan, latihan baris berbaris, pengenalan persenjataan, pemutaran video profil TNI AL dan Saka bahari, senam pagi, heking ke Pantai Mertasari, fun game, makan pagi tradisi, pengenalan snorkling dan alat selam, dan pengenalan alutsista TNI AL.

Selain itu, pemberian Sertifikat sebagai bentuk penghargaan Pangkalan TNI AL Denpasar kepada para peserta yang dilaksanakan upacara penutupan pada hari Sabtu (1/2) siang serta pihak sekolah Albanna memberikan apresiasi kepada Pangkalan TNI AL Denpasar Bali dengan memberikan foto kenangan seluruh siswa-siswi Albanna.(fri/jpnn)

210 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.