Gubernur Beri Solusi Pedagang Terlepas dari Rentenir

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran berkomunikasi dengan para pelaku usaha di wilayah Pantai Kubu, Minggu (16/2).

PANGKALAN BUN – Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran meminta agar para pedagang untuk tidak melakukan transaksi simpan pinjam dengan rentenir. Supaya usahanya bisa berjalan sesuai dengan yang diinginkan, dan tidak dikejar-kejar oleh penagih hutang.

Ia mendapatkan informasi, banyak sekali para pedagang yang diduga gelisah, karena hampir setiap hari dikejar dan ditagih-tagih akibat melakukan pinjaman yang tidak sesuai.

“Kami akan tindak para rentenir yang masih saja melakukan usahanya dengan cara tidak baik. Kasihan pedagang yang seharusnya hutangnya lunas, malah semakin membengkak,” katanya.

Menurut Sugianto, pihaknya mengimbau agar kepala daerah bisa memberikan solusi bagi para pedagang atau warga yang kesusahan, supaya tidak menjadi tambah susah. Pemprov sendiri nantinya akan memberikan solusi bagi para pedagang atau warga, untuk melakukan transaksi simpan pinjam yang benar. Salah satunya melalui Bank Kalteng, yang akan didorong untuk membantu para pedagang atau warga yang membutuhkan pinjaman.

“Jangan malah ke rentenir, yang justru semakin mempersulit dengan mengambil keuntungan tidak wajar. Kami akan gerakkan Bank Kalteng masuk ke pasar-pasar dan warga yang kurang mampu,” ujarnya.

Gubernur merasa bahwa apa yang disampaikan ini menjadi jawaban atas keluhan warga atau pedagang yang dipusingkan oleh rentenir. Mereka diduga harus membayar hutang yang cukup besar, padahal pinjamannya sendiri justru tidak sebesar tagihannya. (son/ami/nto)

10 Views

About The Author

Related posts