Soroti Anjal, Gepeng dan Pengamen, Riduanto : Perlu Menyediakan Program Liponsos

RIDUANTO

PALANGKA RAYA- Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya Riduanto menyoroti keberadaan gepeng dan anak jalanan yang kian marak di Kota Cantik ini. Hampir setiap hari wajah mereka selalu terliat di setiap kawasan Kota Palangka Raya mulai dari yang muda sampai dengan yang tua.

“Di warung makan, pasar, taman dan lainnya biasanya menjadi lokasi favorit mereka. Mungkin ada baiknya jika sesekali masyarakat tidak memberikan uang atau sedekah kepada mereka yakni anjal, gepeng dan pengamen di tempat-tempat umum sebagai efek pembelajaran,” jelas Riduanto, kepada awak media, Senin (17/2).

Tegas Riduanto, Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui instansi terkait perlu menyediakan program lingkungan pondok sosial (liponsos) bagi mereka. Yang mana nantinya mereka akan mendapat pembinaan, kemudian diberikan pembekalan keterampilan sesuai dengan kemampuan dan bidang yang bisa mereka tekuni.

“Harapannya setelah mendapat pembinaan mereka tidak lagi kembali menjadi gepeng, anjal, pengamen, karena sudah memiliki keahlian yang bisa dimanfaatkan dan dikembangkan kedepannya,” ungkap Riduanto.

Menurut Politisi PDI Perjuangan tersebut, pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan gepeng tidak dimaksudkan sebagai hanya upaya sesaat, melainkan secara komprehensif dan sistemik dimana melibatkan pemerintah, masyarakat, dunia usaha, lembaga swadaya masyarakat (LSM), organisasi sosial (orsos) dan sebagainya.

“Dalam pelaksanaannya harus bertindak elegan dan tidak mengedepankan kekerasan saat melaksanakan penertiban dan pemberdayaan anjal dan gepeng tersebut seperti dimasa lalu mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan dan kesetiakawanan social,” pungkas Riduanto.(pra/ari/dar)

172 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.