Kawanan Pencuri Rumah Kosong Diringkus

Seorang anggota polisi memperlihatkan salah satu tersangka kasus pencurian di Murung Raya, Rabu (18/3). (DADANG/KALTENG POS)

PURUK CAHU – Polsek Murung berhasil meringkus tersangka pencurian dengan pemberatan (curat) di rumah kosong milik Hermanus, warga RT 01, Desa Penyang, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya (Mura). Kasus ini terjadi awal Maret ini.

Dua tersangka diringkus lebih dulu, yaitu Fedy alias Pegi (19) dan Sucipto alias Cito (19). Setelah itu, baru Rahmad alias Ogot (31) berhasil ditangkap polisi di Dusun Mahanyan, Kecamatan Murung. Mereka diduga beraksi saat rumah ditinggal pemiliknya yang sedang ada keperluan di Kota Puruk Cahu.

Kapolres Mura AKBP Dharmeswara Hadi Kuncoro melalui Kapolsek Murung Ipda Yuliantho membenarkan adanya penangkapan terhadap tiga tersangka kasus pencurian itu.

Dijelaskan kapolsek, kasus ini bermula pada Senin (9/3) sekitar pukul 16.00 WIB. Saat itu, Hermanus baru pulang dari Puruk Cahu, dan tiba di rumahnya di Desa Penyang. Korban kaget, melihat jendela rumah sudah terbuka dan dirusak. Ada bekas congkelan benda keras di jendela tersebut.

Setelah dilihat ke dalam rumah, laci meja tempat korban meletakan perhiasan perak di ruang tamu rumah dalam keadaan terbuka. Kunci lacinya rusak. Ada bekas dibongkar. Perak miliknya seberat 3,002 kilogram dalam bentuk curai serta uang Rp 1,5 juta hilang. “Akibatnya korban mengalami kerugian Rp 22.500.000 dan melaporkan ke Polsek Murung,” kata Yuliantho, Rabu (18/3).

Dijelaskannya, pada Kamis (12/3), dua tersangka, yaitu Fedy alias Pegi (19) dan  Sucipto alias Cito (19) diringkus di Desa Penyang. Hasil pengembangan dari keduanya, polisi kembali menangkap Rahmad alias Ogot (31) di Dusun Mahanyan.

“Saat ini pelaku dan barang bukti telah diamankan di Polsek Murung guna pengungkapan dan pengembangan kasus. Tidak menutup kemungkinan, pelaku pernah melakukan tindak pidana curat di tempat lain di wilayah Kabupaten Murung Raya,” tegasnya.

Barang bukti yang diamankan, yaitu tiga kilogram perak dalam bentuk curai dan 1 obeng belah gagang warna hitam dan besi warna silver yang diduga untuk melancarkan aksi para pelaku. 

Editor :dar
Reporter : dad/ens

187 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.