Musim Pancaroba, Masyarakat Diimbau Waspadai DBD dan Diare

Suria Siri

PURUK CAHU – Masa perubahan musim, warga Kabupaten Murung Raya (Mura) diminta mewaspadai berbagai macam penyakit. Diantaranya, demam berdarah atau DBD serta diare. Sebab dalam musim pancaroba ini, tubuh rentan terhadap penyakit. 

Kepala Dinas Kesehatan Mura Suria Siri menerangkan, melalui puskesmas, pihaknya selalu mensosialisasikan kepada masyarakat tentang bahaya DBD. “Upaya tersebut dilakukan agar masyarakat menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan upaya pencegahan dengan menerapkan 3M Plus. Karena 3M Plus salah satu upaya memutus penyakit yang disebarkan nyamuk aedes aegypti,” kata Suria Siri, Senin (16/3).

Sementara, lanjutnya, infeksi diare dapat menyebar melalui tangan yang kotor, makanan atau air yang terkontaminasi dan kontak langsung. “Diare ini biasanya dibawa oleh infeksi gastrointertinal yang disebabkan oleh bakteri, virus atau parasit,” ungkapnya.

Terkait diare,  Suria Siri mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga pola makan, serta makan makanan yanfg bersih dan banyak mengonsumsi vitamin C untuk membantu menjaga stamina. “Masyarakat harus lebih waspada terhadap segala kemungkinan penyakit dapat terjadi di perubahan musim. Salah satunya penyakit DBD dan diare ini,” tegasnya seraya mengingatkan, sekalipun belum ada virus corona atau Covid-19 di Mura, namun warga harus tetap waspada.

Editor :dar
Reporter : dad/ens

161 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.