BUNDA BISA LAKUKAN 5 HAL INI UNTUK MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

Foto : ilustrasi Canva Design

Jika melihat berita yang sedang beredar saat ini, rasanya mudah sekali untuk merasa cemas dan ketakutan. Jadi, nggak heran ya kalau anggota keluarga di rumah menjadi tanggung jawab Bunda untuk tetap menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh mereka. Tak perlu bingung ya Bun, ini 5 hal sederhana yang bisa Bunda lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh keluarga. Coba yuk, di rumah!

1. Meski bahan makanan mahal, buatlah menu masakan yang bergizi

Meski harga barang perlahan meninggi, asupan nutrisi keluarga nggak boleh dikorbankan. Asupan makanan-makanan tinggi nutrisi seperti sayur, buah, daging, telur, dan kacang-kacangan sebaiknya dijaga ya Bun. Sebaliknya, makanan-makanan instan atau junk food ada baiknya dikurangi dulu.

2. Terapkan aturan rutin makan buah-buahan

Buah-buahan mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk bantu jaga daya tahan tubuh, Bunda bisa tambah asupan buah apel, jeruk, pisang, dan beberapa buah-buahan berry. Tapi, pastikan buah-buah ini dicuci bersih ya Bun untuk memastikan nggak ada lagi bakteri yang menempel.

3. Ketika waktu senggang, ajak keluarga minum jahe dan ngeteh bersama

Teh jahe telah lama dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain karena rasanya yang enak, teh jahe juga baik untuk meredakan nyeri, melancarkan peredaran darah, dan menghilangkan mual. Selain itu, jahe ternyata juga mengandung gingerol yang baik untuk daya tahan tubuh jika rutin dikonsumsi. Makanya, nggak heran kalau orang Indonesia gemar menikmati secangkir teh jahe hangat sejak dulu kala.

4. Usahakan Mama jadi reminder keluarga untuk tidak tidur terlalu larut malam

Istirahat yang cukup adalah sebuah kewajiban untuk menjaga daya tahan tubuh, baik anak-anak maupun orang dewasa. Bagi anak-anak usia 3-5 tahun, direkomendasikan untuk tidur 10-13 jam per hari. Anak-anak sekolah usia 6-13 tahun, 9-11 jam per hari. Sedangkan untuk orang dewasa, 7-8 jam per hari. Dilansir dari sardjito.co.id, kurang tidur dapat menurunkan kekebalan tubuh dan mengganggu metabolisme tubuh sehingga dapat memicu berbagai macam penyakit lho Bun.

5. Jaga anggota keluarga untuk tetap di dalam

Anjuran untuk di rumah saja ini bukan tanpa sebab. Dengan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, Bunda dan keluarga dapat terhindar dari polusi, radikal bebas, kuman, dan virus di luar sana. Tapi, kalau memang ada hal genting yang memaksa anggota keluarga keluar rumah, jangan bosan ingatkan untuk terus jaga kebersihan, mencuci tangan dengan sabun dan jangan lupa menggunakan masker. Itu dia 5 hal yang bisa Bunda lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh keluarga. Ingat Bun, mencegah akan selamanya lebih baik dari mengobati. Jadi, lebih baik hati-hati ya Bunda!

Sumber : popmama.com

550 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.