Ada Keringanan Cicilan Kredit untuk Warga Terdampak Covid-19?

TIM GUGUS TUGAS UNTUK KALTENG POS
BANTU WARGA: Pemko Palangka Raya melakukan berbagai cara untuk membantu warga menghadapi pandemi Covid-19. Tampak seperti yang dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Palangka Raya yang membagikan cairan disinfektan kepada masyarakat di kawasan Jalan Kinibalu, Sabtu (4/4).

Walikota Berkirim Surat untuk Lembaga Perbankan dan Keuangan

MESKI masih berjibaku dengan virus Covid-19,  Walikota Palangka Raya Fairid Naparin masih terus memikirkan warganya. Sejumlah kebijakan dilakukan untuk meredam dampak pandemi ini. Terakhir dia meminta dengan permohonan kepada lembaga perbankan ataupun pembiayaan untuk memberikan kelonggaran pembayaran kredit yang ditanggung warganya.

“Jangan sampai warga yang terdampak Covid-19 di kejar-kejar sama yang namanya kreditan,” katanya, beberapa waktu lalu. Perintah tersebut telah disampaikan kepada pihak lembaga keuangan seperti perbankan dan lembaga pembiayaan atau perkreditan di kota setempat. Melalui Surat resmi bernomor 870/208/DPKUKMP/SEKT.I/III/2020.

“Sudah saya tandatangani dan disampaikan kepada pihak terkait. Yaitu lembaga keuangan seperti perbankan, koperasi simpan pinjam dan lembaga pembiayaan atau perkreditan,” tegasnya.

Ia meminta lembaga tersebut untuk membantu mengatasi permasalahan ekonomi perorangan, UMKM, IKM dan masyarakat pelaku usaha lainnya yang terdampak Covid-19.Misalnya memberikan penyesuaian suku bunga pinjaman, pengurangan tunggakan bunga dan denda atau penalti serta perpanjangan jangka waktu pinjaman.

“Lembaga ini juga wajib memiliki skema restrukturisasi lainnya berupa penundaan pembayaran cicilan pokok bulanan selama maksimal satu tahun. Kemudian memberikan sosialisasi, edukasi tentang kebijakan tersebut kepada seluruh masyarakat yang terdampak Covid-19 di wilayah setempat,” pungkas Fairid. (kaltengpos/kpfm)

282 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.