Food Estate di Kapuas dan Pulpis

DPUPR UNTUK KALTENG POS
PEMBANGUNAN: Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadimoeljono bersama Gubernur Kalteng Sugianto Sabran berdiskusi sebelum berkunjung ke Pulpis dan Kapuas, Sabtu (13/6).

Sugianto: Peluang Besar untuk Tingkatkan Taraf Hidup Masyarakat Kalteng

WACANA pengembangan food estate di Kalteng menjadi fokus pemerintah pusat. Perhatian serius itu dibuktikan dengan kedatangan langsung para pembantu Presiden Joko Widodo di kabinet kerja untuk melihat lokasi yang bakal dijadikan lumbang pangan nasional ini. Lokasinya berada di Desa Muara Dadahup, Kabupaten Pulang Pisau dan Desa Tamban Catur, Kecamatan Kapuas Timur, Kabupaten Kapuas.

Setelah kunjungan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, Bumi Tambun Bungai kembali kedatangan menteri. Yang datang adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ir Mochamad Basoeki Hadimoeljono. Kedatangan Basoeki kali ini dalam rangka meninjau infrastruktur meliputi jalan, irigasi, dan tata ruang serta melihat secara langsung kondisi lahan yang akan dijadikan food estate di Kalteng.

“Kami ingin melihat secara langsung kondisi lahan yang akan dijadikan food estate di wilayah Kapuas dan Pulang Pisau, dengan luas 164.000 hektare,” katanya kepada media di Bandar Udara (Bandara) Tjilik Riwut Palangka Raya, Sabtu (13/6).

Dari 164.000 hektare yang akan dijadikan lahan sawah baru, seluas 85.000 hektare yang sudah dibuka. Artinya, terdapat 79.000 hektare luas lahan yangbelum dibuka.

“Saat ini pemerintah pusat memfokuskan pengembangan food estate di wilayah Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, pihaknya akan segera melakukan pengharapan saluran irigasi agar dapat menunjang pembangunan cetak sawah baru dalam mendukung ketahanan pangan nasional.

Usai meninjau lokasi food estate di Desa Muara Dadahup, Kabupaten Pulang Pisau, rombongan melanjutkan peninjauan ke lokasi food estate yang berada di Desa Tamban Catur, Kecamatan Kapuas Timur, Kabupaten Kapuas.

Dalam kunjungan itu, Menteri PUPR RI didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri, Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalteng H Shalahuddin, dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalteng Rivianus Syahril Tarigan.

Sebelum bertolak ke Kota Cantik, Mochamad Basoeki Hadimoeljono berdiskusi dengan warga Desa Handil Prawira, Kecamatan Anjir Serapat Timur, sekaligus menyosialisasikan program food estate yang dicanangkan pemerintah pusat.

Sementara itu, Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran menegaskan bahwa pemerintah provinsi menyambut positif rencana pembangunan yang akan dilakukan pemerintah pusat.

“Akan kami dukung pelaksanaannya agar Kalteng menjadi lumbung pangan nasional, sehingga kesejahteraan masyarakat juga akan meningkat ke depannya. Ini peluang besar bagi Kalteng dalam upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat, khususnya para petani,” tandasnya.

Untuk mendukung prasarana pertanian di Kalteng, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan kementerian terkait, sehingga program mewujudkan Kalteng sebagai lumbung pangan nasional melalui penerapan pertanian modern segera terealisasi. (kaltengpos/KPFM-101)

410 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.