Sopir Bapokting Akan Di-Rapid Test

PENERAPAN pembatasan aktivitas keluar masuk angkutan darat untuk menekan persebaran Covid-19 di Kalteng, tentunya akan berdampak pada perekonomian masyarakat. Dalam rangka menjamin ketersediaan bahan pokok dan penting (bapokting) di Kalteng, Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran akan melakukan rapid test massal secara gratis kepada para sopir angkutan bapokting.

Hal ini dijelaskan oleh Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemprov Kalteng Darliansjah. Rencana ini akan dilakukan dalam waktu dekat. Tujuannya, agar pembatasan moda darat tidak berdampak terhadap ketersediaan pangan dan kebutuhan lainnya untuk masyarakat Kalteng.

“Arahan pak gubernur, rencananya akan dilakukan rapid test kepada para sopir resmi yang mengangkut bahan pokok dan penting, misal saja ayam, sembako, maupun bahan bakar minyak (BBM) dan lainnya yang selama ini dipasok dari provinsi tetangga, Kalimantan Selatan (Kalsel),” katanya kepada Kalteng Pos, kemarin (5/6).

Tak dapat dimungkiri bahwa beberapa kebutuhan di Kalteng membutuhkan pasokan dari Kalsel. Karena itu, dalam rangka menjamin keamanan dan kelancaran distribusi bapokting selama pandemi Covid-19, maka program rapid test massal secara gratis untuk para sopir resmi ini dinilai perlu dilakukan.

“Ada aturan bahwa sopir yang mengangkut bapokting harus dalam keadaan sehat. Untuk meringankan para sopir dan dalam rangka menjaga kelancaran kebutuhan di Kalteng, maka mereka di-rapid test gratis,” ucapnya.

Rapid test massal ini akan dilaksanakan di pos yang terletak di wilayah perbatasan antara Kalteng dan provinsi tetangga sebagai pemasok. Misalnya, perbatasan Kalteng dengan Kalsel di Kabupaten Barito Timur (Bartim) dan Kabupaten Kapuas.

“Untuk programnya sama, yakni menggunakan rapid test yang ada di Pemprov Kalteng yang memang disediakan untuk rapid test massal. Salah satunya untuk para sopir ini,” pungkasnya.(kaltengpos/KPFM-101)

271 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.