Pemko Dorong UMKM Bergeliat Lagi

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian Kota Palangka Raya, Rawang

Berharap Dukungan Banyak Pihak, Terutama Perbankan

PEMBATASAN operasional kegiatan usaha masyarakat seperti pasar, toko, toko medern, mall, tempat hiburan, tempat wisata dan lainnya sangat terasa. Apalagi adanya pembatasan keluar masuk orang dan barang ke Kota Palangka Raya.

“Jelas sangat berdampak pada perekonomian masyarakat,” kata Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengahh (UMKM) dan Perindustrian Kota Palangka Raya, Rawang, belum lama ini.

Pelaku UMKM melesu karena daya beli masyarakat menurun. Untuk bertahan dalam kelesuan akibat menurunnya omset, maka pelaku UMKM terpaksa melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Bagaimana perbaikan atau pemulihan ekonomi bagi para pelaku UKMK? “Jawabannya tentu harus ada dorongan kuat dari pemerintah kepada pelaku UMKM ini,” ujarnya.

Untuk itu saat ini pemko telah meluncurkan program pemulihan ekonomi, salah satunya sebagai upaya agar para pelaku UMKM tetap bisa memulihkan petekonomian secara bertahap dan bertahan dalam mengadapi Covid-19.

Upaya ini diharapkan dapat dukungan banyak pihak, termasuk perbankan. “Misalkan penundaan kredit yang jatuh tempo dan tidak memberikan penalti atas keterlambatan pembayaran pinjaman oleh para pelaku UMKM,” pungkasnya. (kaltengpos/KPFM-101)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *