Akui Potensi Produk Kerajinan Kalteng

POTENSI: Staf khusus milenial Presiden RI, Gracia Billy Yosaphat Mambrasar saat melihat kerajinan khas Kalteng, Jumat malam (2/10). (HUMAS untuk KPFM)

PALANGKA RAYA-Saat mengunjungi Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Tengah, Jumat malam (2/10), Staf Khusus  milenial Presiden RI Gracia Billy Yosaphat Mambrasar mengakui potensi besar yang dimiliki produk kerajinan khas Kalteng untuk menembus pasar ekspor, terutama Getah Nyatu.

“Saya pikir setiap daerah memiliki keunggulan masing-masing. Keunggulan sendiri di Provinsi Kalimantan Tengah adalah ada beberapa bahan yang memang hanya ada di sini saja, misalnya karet getah nyatu, endemiknya ada di sini,” ungkapnya.

Menurut Billy, itu merupakan sesuatu potensi yang besar, maka kemudian harus dikembangkan untuk level ekspor. Diperkenalkan lebih luas lagi,” bebernya.

Saat menjawab pertanyaan lebih lanjut dari awak media terkait potensi ekspor produk kerajinan Kalteng, Billy pun mengingatkan dua hal penting yang perlu diperhatikan.

“Ya, sangat terbuka. Selama yang tadi saya berikan catatan kepada Ibu Kepala Dinas. Satu, pastikan produktivitas dari perajin lokal itu mampu memenuhi permintaan dari ekspor. Karena mereka kadang-kadang meminta jumlah A, kita nggak bisa suplai sejumlah itu, jadinya kehilangan kepercayaan.

“Kedua, kualitas harus tetap kita jaga secara konsisten, untuk memenuhi kebutuhan ekspor tersebut. Sangat mungkin, sangat potensial,” tegas Billy.(hms/bud)

297 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.