Berbeda Itu Demokrasi, Bukan untuk Perpecahan


Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya

PALANGKA RAYA-Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya menegaskan bahwa perbedaan pilihan untuk mencari pemimpin merupakan sebuah proses demokrasi. Berbeda itu biasa saja.

“Pemilu baik pemilihan gubernur dan pemilihan bupati adalah pemilu yang luar biasa dan penting. Karena seluruh wujud pemimpin dipilih pada pemilu itu,” katanya, belum lama ini.

Semua pihak telah memprediksi bahwa pemilu akan sangat seru karena berhadapan antara dua pasangan calon pada pilgub Kalteng 9 Desember 2020 mendatang. “Jangan sampai masyarakat terjebak pada polarisasi baik menyangkut  politik, kepercayaan dan hati nurani. Sehingga menimbulkan dampak negative. Itu jangan sampai terjadi. Karena perbedaan adalah demokrasi. Bukan perpecahan,” terangnya.

Semisal karena perbedaan politik dan kurangnya wawasan dari dua pendukung, bisa saja menimbulkan dua sahabat berseteru. Atau dua orang yang bersaudara menjadi saling tidak ramah, akhirnya putus silaturahmi. Dua pendukung saling caci maki dan berperilaku tak menyenangkan atau menjelekan satu sama lain.

Dikatakannya, perlu dipahami bahwa demokrasi yang dianut adalah demokrasi Pancasila yang sejatinya kedaulatan ada di tangan rakyat. Masyarakatnya berasaskan kekeluargaan dan gotong royong.

Oleh karena itu, selaku pemerintah daerah Habib mengajak semua calon bersama tim pemenangan dan relawan, untuk saling beradu program serta visi misi yang ditawarkan.

“Jangan sampai saling menjelekan satu sama lain, sehingga dapat menimbulkan perpecahan. Perbedaan apapun harus tetap mengedepankan Falsafah Huma Betang,” tegasnya.

Habib juga mengajak semua pihak untuk menggunakan hak pilih pada 9 Desember 2020 di TPS masing-masing dengan baik sesuai dengan hati nurani. Tanpa paksaan dari pihak manapun.

“Mari kita sama-sama menggunakan hak pilih dengan bijak dan sukseskan pilkada. Karena pilihan kita akan menentukan nasib daerah ini 5 tahun kedepan. Kita semua harus peduli dengan pembangunan dan kemajuan daerah,” harapnya.(kaltengpos/101kpfm)

24 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *