Pemerintah Apresiasi Acara Batandak

Asisten I Hamka memukul Katambung saat pembukaan kegiatan Batandak di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Sabtu (24/10). Foto : Humas utk Kalteng Pos

PALANGKA RAYA – Majelis Agama Kaharingan Indonesia (MAKI) gelar kegiatan bertandak di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Sabtu (24/10). Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng mengapresiasi kegiatan ini lantaran dalam ranga membangun keimanan dan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Hamka mewakili Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya secara langsung membuka kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan di tingkat provinsi ini. Pasalnya, kegiatan ini juga diikuti oleh utusan dari Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Barat (Kalbar) dan Kalimantan Timur (Kaltim).

Seperti halnya MTQ pada umat Islam ataupun Pesparawi pada umat Kristen, Batandak ini juga kegiatan perlombaan lagu rohani, cerdas cermat dan membaca Kitab Suci. Dengan tujuan yaitu guna membangun keimanan dan SDM yang berkualitas.

“Tentu dari Pemprov Kalteng kami mengapresiasi kepada seluruh panitia dan pihak terkait atas terselenggaranya acara ini, harapannya agar kita semua selalu menjaga kerukunan sebagaimana tercermin dari falsafah Huma Betang,” ungkapnya.

Hamka mengatakan, pihaknya mengajak pengurus MAKI untuk dapat bersinergi dengan Pemprov Kalteng dalam membangun SDM berkualitas sebagaimana misi Kalteng Berkah. Lantaran, pembangunan Kalteng memerlukan partisipasi semua elemen masyarakat.

Pemerintah daerah, lanjut dia, juga telah mengagendakan tiwah massal sebagai salah satu even destinasi wisata budaya religi setiap tahunnya. “Harapannya kelestarian budaya ini tetap terjaga hingga dinikmati anak cucu pada masa mendatang,” pungkasnya. (kaltengpos/101kpfm)

309 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.