Ruang Covid RSUD Kuala Kurun Diresmikan

Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong, meresmikan gedung ruang isolasi Covid-19 UPT RSUD Kuala Kurun, Jumat (9/10) sore. Foto : Okt/Kalteng Pos

KUALA KURUN – Bupati Gunung Mas (Gumas) Jaya S Monong meresmikan gedung ruang isolasi Covid-19 Unit Pelaksana Teknis (UPT) RSUD Kuala Kurun di eks kantor Dispenda.

” Kantor ini sudah dapat dioperasikan sebagai ruang isolasi Covid. Ini berkat dukungan dan usaha yang telah kita lakukan bersama. Dengan keberadaan ruang ini, maka pelayanan terhadap pasien Covid dapat terlayani dengan lebih baik,” ucap Jaya, belum lama ini.

Di gedung isolasi itu, lanjut Bupati, terdapat 23 ruangan yang terdiri dari tujuh ruang isolasi dan sisanya digunakan sebagai ruang pendukung yang fungsinya sesuai standar ruang isolasi. Fasilitas yang ada diharapkan mampu melayani pasien Covid di Kabupaten ini.

”Kami terus mengajak seluruh masyarakat selalu patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid. Memang perlu kesadaran semua pihak untuk memutus mata rantai virus ini,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Kuala Kurun Rusni D Mahar mengatakan, rehab gedung eks dispenda untuk menjadi ruang isolasi Covid ini selama 45 hari, dimulai pada 24 Juli 2020 dan berakhir 6 September 2020, yang menggunakan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) dan dilaksanakan pihak ketiga.

”Kami berharap semangat dan kinerja tenaga kesehatan yang menangani Covid dapat meningkat, karena adanya rehab gedung eks dispenda menjadi ruang isolasi Covid, sudah mendekati standar ruang isolasi dari Kementerian Kesehatan RI,” ujarnya.

Dia mengakui, tenaga kesehatan dan non kesehatan khusus menangani Covid juga sudah dipersiapkan, terdiri dari satu dokter spesialis paru, dua dokter spesialis penyakit dalam, satu dokter spesialis patologi klinik, satu dokter spesialis radiologi, 10 dokter umum, serta 16 perawat.

Selain itu, juga ada tim pendukung terdiri dari tenaga kesehatan lainnya, dan tenaga non kesehatan yakni pramu kebersihan, laundry, pemulasaran jenazah, satpam, pramu taman, dan tenaga pendukung lainnya sesuai kebutuhan.

”Tentu mereka semua sudah kami bekali pengetahuan tentang tata laksana Covid dan tindakan kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid,” tukasnya.(kaltengpos/101kpfm)

427 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.