Akomodir Pemilih Pindahan

PALANGKA RAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng telah mengumumkan daftar pemilih tetap (DPT) Pilgub Kalteng 2020 dengan jumlah 1.698.449. Rekapitulasi DPT digunakan KPU sebagai bahan penyusunan kebutuhan perlengkapan pemungutan dan perhitungan suara pemilih serta proses pendistribusiannya. Lembaga penyelenggara pesta demokrasi lima tahunan ini akan mengakomodir warga negara yang mempunyai pemilih, termasuk pemilih pindahan.

Ketua KPU Kalteng Harmain Ibrohim mengatakan, pemilih yang terdaftar dalam DPT di suatu tempat pemungutan suara (TPS) yang karena keadaan tertentu tidak dapat menggunakan hak untuk memilih di TPS tempat yang bersangkutan terdaftar, tetap diakomodir dan dapat memberikan suara di TPS lain di Kalteng dengan masuk pada daftar pemilih pindahan (DPPh) atau disebut mekanisme pindah memilih. (lihat tabel).

Kemudian, lanjut Harmain, apabila pada saat hari pemungutan suara terdapat data DPT yang berubah karena tidak memenuhi syarat pemilih, seperti ada pemilih yang meninggal, pemilih ganda atau tidak lagi berdomisili di tempat asal, maka akan dilakukan mekanisme pencoretan pada DPT  dengan tidak mengubah jumlah total DPT yang telah ditetapkan.

“Pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT tetapi memenuhi syarat sebagai pemilih tetap dapat menggunakan hak pilihnya pada hari pemungutan suara. Pemilih tersebut, dimasukkan dalam daftar pemilih tambahan (DPTb) di TPS yang sesuai dengan alamat pemilih yang bersangkutan,” katanya. (sja/ala)

248 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.