Presiden Brasil Jair Bolsonaro: Saya Ogah Disuntik Vaksin Covid-19!

Presiden Brasil Jair Bolsonaro tegas menolak disuntik vaksin Covid-19 (AFP)

BRAZIL – Presiden Brasil Jair Bolsonaro adalah salah satu pihak yang menolak vaksin Covid-19. Bahkan, Bolsonaro sampai berbeda pendapat dengan Gubernur Negara Bagian Sao Paulo, Joao Doria, yang telah menyetujui pemesanan vaksin Covid-19. Bolsonaro bahkan menyebut bahwa warga Brasil tak mau menjadi kelinci percobaan terkait uji klinis vaksin Covid-19.

Dalam perkembangannya, Bolsonaro masih bersikeras menolak vaksin Covid-19. Teranyar, pada Kamis (26/11) malam waktu Brasil atau Jumat (27/11) WIB, Bolsonaro secara tegas mengatakan bahwa dirinya tak bersedia divaksin atau disuntik vaksin Covid-19. Ini semakin mengindikasikan bahwa dia memiliki keraguan terhadap program vaksinasi virus Korona.

Dalam pernyataan yang disiarkan langsung melalui berbagai platform media sosial, pemimpin sayap kanan itu menambahkan bahwa Kongres kemungkinan tidak mengharuskan warga Brasil mendapatkan vaksin.

Brasil sendiri mencatat kematian akibat Covid-19 tertinggi kedua di dunia. Dan, Bolsonaro selama berbulan-bulan meremehkan bahaya pandemi meski dirinya pernah terinfeksi Covid-19 pada Juli lalu.

“Saya katakan, saya tidak akan disuntik (vaksin). Itu hak saya,” tegas Bolsonaro.

Bolsonaro juga menyampaikan keraguan atas manfaat penggunaan masker dalam pernyataannya. Itu sekaligus menyiratkan bahwa terdapat sedikit bukti konklusif tentang keefektifan masker dalam mencegah penularan virus Korona.

Dia juga kerap mengatakan warga Brasil tidak akan diharuskan mengikuti vaksinasi ketika vaksin Covid-19 tersedia secara luas. Pada Oktober, Bolsonaro melontarkan lelucon di Twitter, yang menuliskan bahwa vaksinasi hanya diwajibkan untuk anjing peliharaannya saja. (jpc/101kpfm)

64 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *