Saling Sindir di Arena Debat

PALANGKA RAYA – Debat perdana Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng mengangkat tema Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan serta Pemerataan Pembangunan dan Kebijakan Penanganan Covid-19. Pelaksanaan debat memang sudah sesuai dengan tema meski sesekali saling serang terjadi, khususnya pada segmen tanya jawab antara pasangan calon (paslon), saat beradu di arena debat di Ruangan Kahayan I Ballroom Swiss-Belhotel Danum, Sabtu malam (8/11).

Kegiatan debat perdana yang juga disiarkan langsung oleh stasiun televisi nasional ini diikuti oleh dua pasang calon yang bertarung dalam Pilkada Kalteng 2020, yakni pasangan nomor urut 1 Ben Brahim S.Bahat-Ujang Iskandar dan pasangan Sugianto Sabran-Edy Pratowo.

Debat perdana yang dimoderatori oleh presenter Metro TV Naila Husna itu dimulai dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Fahrudin dari Kantor Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalteng, dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan penyampaian kata sambutan dari Ketua KPU Provinsi Kalteng Harmain Ibrohim.

Ketua KPU Provinsi Kalimantan Tengah Harmain Ibrohim menyebut bahwa kegiatan tersebut telah dilaksanakan dengan baik dan lancar. “Saya lihat berjalan baik. Alurnya sudah sesuai yang diinginkan. Para paslon bisa saling beradu gagasan,” ujarnya.

Menurut Harmain, berbekal pengalaman yang sudah dimiliki oleh setiap paslon, ia menilai bahwa kedua paslon sudah mengerti dan memahami visi dan misi dari program yang  ingin disampaikan kepada masyarakat demi membangun Provinsi Kalimantan Tengah.

“Closing statement merekalah yang terpenting. Sama-sama berharap bisa mengedepankan persatuan dan kesatuan untuk kemajuan masyarakat Kalimantan Tengah,” ucapnya sembari menyebut bahwa  closing  statement kedua paslon sudah  sejalan dengan tema debat perdana.

Harmain menyebut bahwa acara debat cagub dan cawagub untuk Pilkada Kalteng 2020 masih akan dilaksanakan dua kali lagi. Debat kedua akan digelar pada 19 November, sementara debat ketiga akan digelar pada 28 November. “Debat kedua akan disiarkan langsung dari studio INews di Jakarta,” ujarnya. (abw/sja/ce/ala)

342 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.