Orientasi Umum Program Dokter Internsip di RSUD Kapuas

Dokter-dokter internsip di Kabupaten Kapuas tahun 2021

KUALA KAPUAS – RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas melaksanakan Orientasi Umum terkait Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI), di Aula RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas di Jalan Tambun Bungai, Kamis (26/11).

Dokter Internsip merupakan suatu program Pre-registration trainning sebelum mendapat Surat Tanda Registrasi (STR) dari Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) bagi dokter yang baru menyelesaikan masa pendidikan profesi berbasis kompetensi. Tujuannya untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan, secara terintegrasi, komprehensif, mandiri serta menggunakan pendekatan kedokteran keluarga dalam rangka pemahiran dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik di lapangan.

Dalam praktiknya, para dokter yang baru tamat ini akan didampingi oleh seorang dokter senior pendamping atau supervisor. Adapun dokter pendamping di RSUD Kapuas yang ditunjuk adalah dr. Diana Yuniarti.

Disampaikan dr. Diana, pada tahun 2021 ini RSUD Kapuas menerima dokter–dokter internsip sebanyak 9 orang, yang merupakan alumni dari berbagai Universitas Kedokteran Negeri dan Swasta di seluruh Indonesia, antara lain dari Universitas Airlangga, Universitas Wijaya Kusuma, dan Universitas Palangka Raya.

Dengan adanya Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) ini, dirinya berharap menjadi perbaikan sistem kesehatan di Indonesia. Disamping bertujuan untuk menjaga kualitas kompetensi dokter, program dokter- dokter intership juga diproyeksikan untuk meratakan distribusi tenaga dokter hingga ke daerah-daerah terpencil dan daerah bermasalah Kesehatan.

“Juga untuk dapat memberikan layanan kesehatan primer di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama / Puskesmas terutama di Kabupaten Kapuas,” terangnya. (Promkesrsudkps/hmskmf/anskpfm101)

289 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.