Fasilitasi Konsultasi Penyelesaian Sengketa Lahan

PALANGKA RAYA-Jajaran Komisi II DPRD Kalteng menerima kunjungan DPRD Barito Timur (Bartim) dalam rangka berkonsultasi permasalahan sengketa lahan transmigrasi yang ada di Kabupaten Bartim dan mengharapkan agar permasalahan ini dibawa ke DPR RI. Anggota Komisi II DPRD Kalteng Jainudin Karim menyebut bahwa perlu penjabaran secara jelas permasalahan tersebut.

Namun, pada dasarnya pihaknya mendorong agar permasalahan tersebut dapat segera diselesaikan. “Tapi harus dijabarkan secara jelas dulu apa permasalah yang terjadi, agar ketika disampaikan ke pusat atau DPR RI, permasalahan ini cepat selesai,” katanya di DPRD Kalteng, Senin (10/1).

Diungkapkannya, jika melihat permasalahan yang disampaikan pada pertemuan itu, pihaknya menilai bahwa permasalahan ini hampir mirip dengan permasalahan di Kabupaten Seruyan dan Kotawaringin Barat. Pada permasalahan itu, DPRD Kalteng turut memfasilitasi konsultasi penyesaian sengketa tersebut ke Komisi IV DPR RI.

“Kemarin Anggota Komisi IV DPR RI mengapresiasi semua yang disampaikan dan menyatakan siap hadir untuk Kalteng untuk membantu penyelesaian sengketa itu,” ucapnya.

Untuk itu, lanjut dia, guna permasalahan ini sampai di DPR RI dan mendapat fasilitasi, maka permasalahan sengketa yang ada di Bartim ini juda dapat diperjelas, termasuk diperjelas dari tingkat kabupaten hingga provinsi. Memang, tidak muda mendapat fasilitasi sampai ke DPR RI, karena berbagai tujuan, permasalahan dan data-data terkait sengketa harus jelas sepenuhnya.

“Jika semua data yang dimiliki lengkap dan dirasa cukup, maka semua pihak dari DPRD Bartim dan DPRD Kalteng bisa mendorong fasilitasi,” tegas politikus Partai Gerindra ini.

Meski demikian, pihaknya menegaskan, bahwa jajaran legislatif akan terus dan berupaya memperjuangkan sesuatu yang menjadi hak masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan hak ulayat atau hak adat masyat setempat. (abw/kpfm101)

115 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.