BKKBN Kalteng Gelar Rakorda Demi Percepatan Penurunan Stunting

Kebersamaan: Plt Kepala Perwakilan BKKBN Kalteng dr. M. Fitriyanto Leksono (tiga dari kiri) dan asisten bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kalteng H.M. Katma F. Dirun 

KPFM, PALANGKA RAYA – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalteng, Hari Senin 25/04 melaksanakan Rapat Koodinasi Daerah (Rakorda) di Swiss Bell Hotel Palangka Raya. Kegiatan akan dilaksanakan selama tiga Hari dari Tanggal 25-27 April 2022.

Berdasarkan Perpres Nomor 72 Tahun 2021, tentang Percepatan Penurunan Stunting diamanatkan bahwa angka stunting di Indonesia harus diturunkan dari 27,67 persen (2019) menjadi 14 persen pada tahun 2024.

Dalam sambutannya Plt Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah dr. M. Fitriyanto Leksono mengatakan, Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Program Bangga Kencana Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2022 dilaksanakan dengan Tema ‘Meningkatkan Strategi dalam Rangka Percepatan Penurunan Stunting Melalui Lintas Sektor’

“Hal ini untuk Meningkatkan Komitmen dan Peran Pemerintah, serta Mitra Kerja Perwakilan BKKBN Kalimantan Tengah dalam Percepatan Pencapaian Program Bangga Kencana Dalam Rangka Percepatan Penurunan Stunting,” katanya. 

Rakorda Porgam Bangga Kencana Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2022 dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah, diskusi tatap muka, focus group discussion (FGD), dan pameran dari kelompok UPPKA.

“Program percepatan penurunan stunting, juga menjadi salah satu program prioritas di Provinsi Kalimantan Tengah. Hal ini sejalan dengan Visi dan Misi Gubernur Kalimantan Tengah, yaitu mewujudkan kesejahteraan segenap masyarakat menuju Kalimantan Tengah Makin BERKAH (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah, dan Harmonis), melalui percepatan pembangunan sumber daya manusia yang cerdas, sehat, dan berdaya saing,” imbuh Fitriyanto. 

Sementara itu, Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran dalam sambutanya yang dibacakan asisten bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kalteng H.M. Katma F. Dirun mengatakan, Rakorda yang dilaksanakan merupakan momentum tepat untuk melahirkan berbagai rumusan strategis, dalam upaya percepatan penurunan stunting di Kalimantan Tengah.

“seluruh upaya percepatan penurunan stunting ini, tidak cukup hanya dengan upaya keras saja. Harus ada koordinasi lintas sektor serta sinergi Pemerintah, mulai dari tingkat pusat sampai ke tingkat desa. Dalam upaya menghasilkan koordinasi dan sinergi tersebut, diperlukan adanya momentum dimana seluruh pemangku kepentingan terkait, duduk bersama untuk merumuskan kebijakan sekaligus intervensi yang sifatnya strategis,” ujarnya. 

Dirinya berharap, Rakorda tersebut nantinya mampu menghasilkan perencanaan, kesepakatan, dan rumusan terukur, untuk mengakselerasi upaya percepatan penurunan stunting di Kalimantan Tengah.

Pada Kegiatan Rakorda ini diikuti dari seluruh ASN BKKBN Provinsi Kalteng, termasuk Dinas/ Instansi di Lingkungan Provinsi Kalimantan Tengah, dan PD-KB Kabupaten/ Kota, organisasi profesi, mitra kerja, dan perguruan tinggi. (Dha) 

104 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *