Dinas PUPR Fokus Perencanaan APBDP 2022

MENGUKUHKAN : Penjabat Bupati Barito Selatan Lisda Arriyana saat mengukuhkan Bunda PAUD Buntok, beberapa waktu lalu.

BUNTOK – Pemerintah Kabupaten Barito Selatan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) setempat, akan lebih memfokuskan perencanaan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2022.

“Pada APBD Perubahan tahun anggaran 2022 ini kita lebih memfokuskan kegiatan perencanaan pembangunan tahun anggaran 2023 mendatang,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), DR Ita Minarni, Senin (12/9).

Menurut dia, perencanaan pembangunan yang dilakukan tahun 2022 untuk untuk pelaksanaan pembangunan di tahun anggaran 2023 yang merupakan sistem baru yang akan diterapkan pihaknya nanti.

“Karena pada tahun sebelumnya, perencanaan yang kami lakukan beriringan dengan tahun pelaksanaan pembangunan pekerjaan proyek di tahun yang sama,” ungkapnya.

Dikatakannya, dengan sistem seperti itu, kesalahan yang terjadi pada tahun sebelumnya tidak terulang lagi, sehingga pelaksanaan pelelangan pekerjaan proyek bisa dilaksanakan di awal tahun 2023.

“Dengan demikian, pelaksanaan pekerjaan fisik proyek pada tahun anggaran 2023 nantinya akan lebih panjang, sebab dari awal tahun hingga akhir tahun,” jelas Ita Minarni.

Dengan dilaksanakannya perencanaan dengan sistem itu, kata dia, pekerjaan fisik proyek pada APBDP tahun anggaran 2023 mendatang bisa tetap dilaksanakan.

Ita Minarni menerangkan, untuk perencanaan terhadap pekerjaan proyek pada 2023, sebagian akan dilaksanakan pihaknya secara swakelola. “Sedangkan sebagian perencanaan terhadap kegiatan proyek fisik lainnya tetap dilaksanakan melalui konsultan,” tegasnya.

Menurut dia, pada APBD Perubahan tahun anggaran 2022 ini, Dinas PUPR Barito Selatan memang ada melaksanakan pekerjaan fisik, namun jumlahnya tidak terlalu banyak.

“Untuk proyek pekerjaan fisik pada APBD Perubahan 2022 ini hanya untuk menangani tanah longsor yang ada di Kecamatan Jenamas dan taman anggrek di belakang rumah jabatan bupati,” akuinya. (ner/ens/kpfm101)

232 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.