Polda dan FPK Kalteng Perkuat Sinergisitas

PERKUAT SINERGISITAS: Wakapolda Kalteng Irjen Pol Ida Oetari Poernamasasi (kiri) bersama Ketua FPK Kalteng Dr HM Wahyudie F Dirun di mapolda, Kamis (29/9).

PALANGKA RAYA-Dalam rangka meningkatkan silaturahmi organisasi dengan kepolisian daerah di Kalimantan Tengah (Kalteng) ini, jajaran pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kalteng berkunjung ke Mapolda Kalteng, Kamis (29/9) sekitar pukul 08.30 WIB. Audiensi digelar di Aula Satya Haprabu Mapolda Kalteng.

Kedatangan rombongan FPK yang dipimpin langsung Dr HM Wahyudie F Dirun SP MM disambut oleh Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs Nanang Avianto MSi melalui Wakapolda Irjen Pol Ida Oetari Poernamasasi SAP MA.

Dalam pertemuan itu, wakapolda mengutarakan harapan pihaknya kepada FPK agar dapat berkontribusi dan terlibat dalam setiap momentum yang menggelorakan semangat kebangsaan, seperti Hari Kesaktian Pancasila dan Hari Sumpah Pemuda.

“Kami juga berharap adanya usulan dari FPK kepada pemerintah daerah terkait pembangunan di Kalteng, sehingga suara masyarakat dapat terakomodasi melalui FPK,” ucap Ida.

Kabidhumas Kombes Pol K Eko Saputro SH MH menambahkan, selain dalam rangka mempererat silaturahmi, kegiatan ini juga menjadi kesempatan bagus untuk berkoordinasi dalam menyampaikan secara umum tugas dewan pembina maupun pengurus FPK Kalteng sesuai Surat Keputusan (SK) Gubernur Kalteng Nomor: 188.44/151/2022.

“Semoga dengan silaturahmi dan sinergisitas yang terjaga dapat membawa Provinsi Kalimantan Tengah ini makin maju serta selalu aman dan kondusif,” pungkasnya.

Sementara, Ketua FPK Kalteng Dr HM Wahyudie F Dirun dalam laporannya menyampaikan, berdasarkan SK Gubernur Kalteng, anggota FPK berjumlah 27 orang. Ada 4 orang dewan pembina, 25 orang pengurus, dan 2 orang penasihat yakni sekda provinsi dan asisten I sekda provinsi.

Lebih lanjut dikatakan Wahyudie, 25 anggota FPK berasal dari 25 paguyuban yang ditunjuk, termasuk dari unsur DAD. Anggota FKP berasal dari semua suku yang keberadaannya tercatat di Kesbangpol dalam bentuk paguyuban.

“Tugas FPK antara lain menjaring informasi masyarakat di bidang pembauran kebangsaan, menyelenggarakan forum dialog, melaksanakan sosialisasi kebijakan pembauran kebangsaan, dan merumuskan rekomendasi kepada penanggung jawab FPK dan kepala daerah di tingkat provinsi,” sebutnya. (hms/ce/ala/kpfm101)

167 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.