Siswa MAN Kota Juara Dua Lomba Bahasa Arab

JUARA LOMBA : Siti Zahra Meiliyanti, siswi MAN Kota Palangka Raya menerima tropi juara kedua yang diserahkan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kapuas, H. Hamidhan pada ajang Olimpiade Bahasa Arab Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, di Kapuas, (3/9/2022).

PALANKGA RAYA – Siti Zahra Meiliyanti siswa MAN Kota Palangka Raya berhasil meraih juara dua Olimpiade Bahasa Arab (OBA) tingkat Provinsi Kalteng. Kegiatan yang dilaksanakan di MAN Kapuas ini merupakan ajang tahun yang dilaksanakan Forum MGMP Bahasa Arab Se-Indonesia.

Siti Zahra berhak mewakili Kalteng bersama juara 1 dan juara 3, di ajang OBA tingkat Naisonal. Ketetapan ini tertuang dalam surat Surat Keputusan pemenang dari panitia pusat yang ditandatangani ketua FMGMP Bahasa Arab Se-Indonesia, Ade Rahmat dan ketua Panitia Pelaksana OBA ke-5, Nasriah Mina.

 “Alhamdulillah bisa membawa nama harum nama Madrasah, sukses ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak, para pendidik, dan juga pimpinan madrasah yang memberikan dukungan secara penuh kepada para peserta didik untuk terus berprestasi, bangga jadi bagian dari MAN Kota Palangka Raya” ucap Zahra.

Ajang lomba OBA tingkat Provinsi di MAN Kapuas dibuka langsung Kepala Kantor Kemenag Kapuas, H. Hamidhan. Lomba yang digagas Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (F-MGMP) Bahasa Arab se-Indonesia tersebut dilaksanakan secara offline dengan menggunakan aplikasi ujian edubox  bertempat di Lab. Komputer MAN Kapuas. Untuk tingkat Prov. Kalteng sendiri mempertandingkan empat dari delapan kategori yang dipertandingkan, yaitu tingkat SD/MI sederajat, tingkat MTs Negeri, tingkat MA Swasta, dan tingkat MA Negeri.

Pendidik Bahasa Arab MAN Kota Palangka Raya sekaligus juga pendamping lomba, Khalid Fitri mengungkapkan, peserta didik yang mengikuti Olimpiade Bahasa Arab tingkat Provinsi ini merupakan tahapan kedua dari tiga seleksi yang sebelum puncak di tingkat Nasional.

Khalid menambahkan, untuk OBA tingkat Provinsi, peserta menjawab soal pilihan ganda berjumlah 75 soal, sedangkan untuk materi tes tingkat MA Negeri sendiri mengacu kepada KMA No. 183-184 Tahun 2019.

Sekedar diketahui, Olimpiade Bahasa Arab tahun 2022 memasuki tahun pelaksanaan ke-5. Tahun ini, OBA mengambil tema peran Bahasa Arab sebagai Pemersatu Umat. OBA mempertandingkan 8 kategori dan dijadwalkan grand final akan dilangsungkan di Jakarta secara offline. (khalid/hms/kpfm101)

190 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.