Berkomitmen Mewujudkan Good Governance dan Clean Government

PEMERIKSAAN : Entry meeting pemeriksaan reguler perangkat daerah lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah di Aula Inspektorat Kalteng, Senin (10/10).

PALANGKA RAYA – Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kalteng Katma F Dirun mewakili Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H Nuryakin menghadiri entry meeting pemeriksaan reguler perangkat daerah lingkup Pemprov Provinsi Kalteng di Aula Inspektorat Kalteng, Senin (10/10).

Sekda melalui Katma menyampaikan, pemerintah pusat mapun daerah sedang memfokuskan peningkatan pembangunan insprastruktur. Hal ini selalu diupayakan pemerintah pusat dan daerah, baik sector kesehatan, pendidikan, infrastruktur, sumber daya manusia, ketahanan pangan, sumber daya alam, reformasi birokrasi hingga kualitas pelayanan public. Dengan harapan, pembangunan harus merata dan dapat dinikmati atau dirasakan seluruh lapisan masyarakat.

Menurutnya, kinerja penyelenggaraan pemerintahan di daerah perlu menjadi perhatian bersama dalam melakukan pembenahan secara internal. Salah satunya melalui penguatan sistem pengawasan dengan meningkatkan peran dan fungsi Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP).

“Maka dari itu segenap jajaran penyelenggara negara harus memiliki komitmen bersama untuk mewujudkan good governance dan clean government melalui upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme, khususnya di lingkungan Pemprov Kalteng,” kata Katma saat bacakan sambutan tertulis sekda.

Selanjutnya, Katma menyampaikan, sebagai APIP, inspektorat daerah memiliki peran dan posisi yang sangat strategis, baik ditinjau dari aspek fungsi manajemen maupun dari segi pencapaian visi dan misi serta program-program pemerintah. Inspektorat daerah menjadi pilar yang bertugas sebagai pengawas sekaligus pengawal dalam pelaksanaan program yang tertuang dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah.

Oleh karena itu, pengawasan internal bukan untuk mencari-cari kesalahan, tetapi upaya untuk melakukan perbaikan jika terdapat kekurangan, menemukan alternatif solusi terbaik dari setiap permasalahan dengan tetap berpedoman pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Dia mengharapkan seluruh perangkat daerah untuk dapat memberikan informasi dan data dukung yang diperlukan oleh Tim APIP Inspektorat Kalteng. Hal ini bermaksud agar proses pengawasan internal di lingkungan Pemprov Kalteng dapat berjalan lancar dan sesuai jadwal yang direncanakan.

“Apabila dalam perjalanannya nanti ditemukan rekomendasi / saran / masukan yang harus ditindaklanjuti, maka segeralah untuk diproses. Karena jika tidak ditindaklanjuti rekomendasi tersebut, nantinya akan menjadi utang yang harus diselesaikan dan akan melekat terus dari tahun ke tahun,” tegasnya.

Selain itu, laporan Inspektur Daerah Kalteng Saring yang dibacakan Auditor Ahli Utama Sapto Nugroho mengatakan, kegiatan ini  dilaksanakan berdasarkan Surat Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Nomor :  700/403/Spmb/Sekre-2/Insp tanggal 7 Oktober 2022 dan Surat Perintah Tugas Sekretaris Daerah a/n Gubernur Kalteng Nomor 700/408/St/Skre-2/Insp tanggal 7 Oktober 2022 tentang pelaksanaan pemeriksaan reguler Perangkat Daerah Kalteng tahun 2022.

“Pemeriksaan atau audit ketaatan terhadap perangkat daerah Provinsi Kalteng bertujuan untuk menilai ketaatan perangkat daerah terhadap peraturan perundang-undangan, kebijakan dan prosedur yang berlaku serta peraturan terkait atas proses, sistem, fungsi dan program atau kegiatan penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah. Dapat kami sampaikan bahwa pemeriksaan meliputi empat aspek yaitu : Aspek Sumber Daya Manusia, Aspek Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Perangkat Daerah, Aspek Sarana dan Prasarana dan Aspek Pengelolaan Keuangan,” ujar Sapto.

Untuk diketahui, ada 46 perangkat daerah lingkup Pemprov Kalteng yang menjadi sasaran pengawasan. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 35 hari yang dibagi dalam dua tahapan. Yaitu tahap pertama mulai tanggal 10-23 Oktober 2022 dan tahap kedua mulai tanggal 7-27 November 2022. (irj/ens/kpfm101)

171 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.