MERPATI BAND – WANITA SHOLEHAH

MERPATI BAND

Setiap jelang bulan Ramadan, band asal kota Banjarsari, Ciamis, Jawa Barat, Merpati, paling rajin mengeluarkan single religi. Ramadan 2023 ini, Merpati kembali merilis sebuah single religi yang mengangkat cerita soal wanita sholehah, berjudul “Wanita Sholehah” ciptaan Andi Merpati.

Sebagai pencipta lagu, vokalis Merpati, Andi mengatakan bahwa lagu tersebut terinspirasi dari sebuah Hadist yang menempatkan wanita pada posisi begitu agung, terutama wanita dengan perilaku baik atau sholehah.

“Kali ini Merpati band meluncurkan single religi tentang wanita sholehah. Dimana ada sebuah hadist yang mengatakan ‘Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah isteri yang shalihah’,” ungkap Andi Merpati. Lewat single religi tersebut, Andi menggambarkan sosok wanita sholehah yang baik hatinya, lembut tutur katanya dan menjadi idaman semua kaum laki-laki.

“Saya juga menggambarkan sosok wanita sholehah itu lebih baik lagi berhijab, menutup aurat dengan jilbabnya. Jadi enak dilihat dan dipandang. Dalam single ini saya juga menceritakan wanita diciptakan Allah dari tulang rusuk kaum lai-laki,” tambah Andi.

Dari pepatah “wanita diciptakan dari tulang rusuk kaum laki-laki”, Andi menggambarkan agar kaum laki-laki itu harus bersikap lembut kepada kaum wanita.

“Lagu ini menjadi bentuk pujian untuk kaum wanita sholehah. Harapannya tentu lagu ini bisa diterima dan bisa memberikan nuansa di bulan Ramadan ini, semoga nanti single-single religi Merpati kembali menjadi sebuah album, Aamiin,” lanjut Andi.

Adapun video klip single religi ini telah rampung digarap oleh sutradara Ara. Syuting dilakukan di Saung GH, Desa Sukaluyu, Leuwiliang, Bogor, Jawa Barat.  Andi juga tampil sebagai model pria di video klip tersebut. Ia beradu akting dengan model cantik pemain sinetron Nadhea Ananda Tanjung.

Dalam sebuah adegan, Andi diminta mengendarai sebuah motor tua. Selain naik motor jadul dan adegan dikeroyok preman, yang seru saat syuting video klip single religi Merpati band Andi juga di-make up penuh luka di muka untuk mendukung adegan dikeroyok preman.

Inilah yang menjadi totalitas Andi ketika diminta menjadi model video klip untuk band yang didirikan bersama teman-temannya sejak tahun 2002 silam tersebut. Ia mengaku selalu siap memerankan tokoh apa pun dalam setiap video klip lagu-lagu Merpati.

“Demi karya musik dan video klip terbaru Merpati, diminta beradegan apapun sama sutradara aku ngikut saja. Yang penting kita tunggu single religi terbaru Merpati band dan video klipnya di bulan Ramadan nanti, Ucap pria yang suka travelling ini.

Merpati yang kini beranggotakan Andi (vokal), Boegil (drum), Dauz (gitar), dan Ayuz (bas) diketahui mengeluarkan single religi perdananya berjudul “Jalan TerangMu” tahun 2011 yang lalu.

Tahun 2015, Merpati meluncurkan album religi dengan menggabung 10 lagu religi  yang  pernah mereka rilis sebelumnya. Di antaranya single “Muhammad”, “Ampuni Aku”, “Doa Untuk Ibu Bapak”, “La Tahzan”, “Sabar”, “Selamat Dunia Akhirat”, “Jalan Terangmu”,”Taubat”, “Caraku Mensyukuri” dan “Doa” (Menjemput Harapan).

Pada tahun 2017 Merpati band merilis lagu religi “Rukun Islam” dan tahun 2018 mengeluarkan single religi “Surga Di Bawah Telapak Kaki Ibu”. Di tahun 2020 kembali Merpati band menghadirkan single religi “Selamat Dunia Akhirat”. Terakhir di tahun 2021, Merpati band meluncurkan single religi berjudul “Ikhlas”. Lagu tersebut adalah remake karya cipta Chossy Pratama yang sempat menjadi soundtrack sebuah sinetron religi di stasiun televisi swasta nasional tahun 2003.

143 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.