Dianggap Lecekan Kebudayaan Jawa, Ini Motivasi Penyelenggara Acara Royal Wedding Jojo dan Luna

Pernikahan Anjing Jojo dan Luna (Instagram/@nenaghoib)

JawaPos.com – Valentina Chandra dan Indira Ratnasari alias Nena, pemilik anjing Jojo dan Luna sekaligus mewakili penyelenggara acara royal wedding Jojo dan Luna yang viral di media sosial beberapa hari belakangan, akhirnya muncul ke hadapan publik.

Acara royal wedding Jojo dan Luna  yang digelar mewah menelan biaya hingga ratusan juta rupiah di bilangan pantai indah kapuk (PIK) Jakarta Utara, 14 Juli 2023, menuai kontroversi di masyarakat dianggap melecehkan budaya jawa adiluhung. Mengingat tradisi pernikahan adat Jawa yang sakral malah digunakan ke acara pernikahan hewan.

Nena dan Valen membeberkan alasan kenapa membuat acara pernikahan hewan dengan menggunakan adat Jawa. Keduanya menyatakan tujuan utamanya adalah untuk memperkenalkan kebudayaan Jawa kepada para pecinta hewan. Namun sayangnya cara yang mereka lakukan kurang tepat.

Ditegaskan keduanya, tidak ada niat jahat sama sekali untuk melecehkan kebudayaan Jawa dalam acara royal wedding Jojo dan Luna digelar beberapa hari lalu itu.

“Sebenarnya agak kaget (atas repons punlblik). Jujur saya bukan ada maksud melecehkan atau tidak menghargai budaya jawa . Saya orang Jawa dari Jogja. Saya kangen banget sama budaya jawa. Saya merantau dari Jogja ke Jakarta,” kata Valen dalam jumpa pers di bilangan Pejaten Jakarta Selatan, Rabu (19/7).

Niat untuk melestarikan sekaligus memperkenalkan kebudayaan Jawa ini, diakui keduanya, memang kurang tepat karena kebudayaan Jawa malah untuk hewan. Keduanya tidak jernih dalam berpikir saking sayangmya sama hewan. Mereka baru menyadarinya setelah viral di media sosial dan menuai kontroversi.

“Kami baru sadar ternyata kurang pas cara kami dalam memperkenalkan budaya kami,” ucapnya lebih lanjut.

royal wedding Jojo dan Luna menuai kontroversi di masyarakat dan bahkan berujung somasi, Valen dan Nena dari lubuk hati mereka menyatakan permohonan maaf.

“Kami mohon maaf, tidak ada sedikit pun maksud untuk menghina. Apalagi saya lahir di Jogja, tidak mungkin menginjak-injak tanah kelahiran saya sendiri,” tegas Valen yang mengaku masih memiliki KTP Jogja.

Diketahui, royal wedding anjing yang diberi nama Jojo dan Luna menelan biaya ratusan juta rupiah. Acara tersebut digelar pada Jumat, 14 Juli 2023, di bilangan pantai indah kapuk (PIK) Jakarta Utara, dan menuai banyak kritikan bahkan komentar negatif dari netizen. (jpc/Di/kpfm)

159 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.