Maksimalkan Pertumbuhan Ekonomi Kalteng

KUNJUNGAN: Anggota DPRD Prov Kalteng Rusita Irma dan Evi Kahayanti melakukan kunjungan kerja dalam rangka melaksanakan koordinasi dan Konsultasi tentang Peraturan Gubernur mengenai Pedoman Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Reses Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Kalteng di Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Barat, belum lama ini. Foto: HUMAS DPRD KALTENG

PALANGKA RAYA-Anggota DPRD Kalteng dari Fraksi PKB Rusita Irma berharap kepada pemerintah baik provinsi, kabupaten dan kota supaya dapat melakukan terobosan dalam rangka memaksimalkan pertumbuhan ekonomi Kalteng pasca pandemi Covid-19.

Salah satu sektor strategis dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi daerah kearah yang lebih positif yaitu sektor pariwisata. Pemerintah bisa melakukan banyak terobosan dan inovasi untuk mengembangkan sektor potensial ini.

“Banyak terobosan yang bisa dilakukan salah satunya yakni mengembangkan kuliner tradisional dengan segala ciri khas dan keunikannya, itu bisa dimaksimalkan untuk memberi daya tarik pariwisata daerah. Dampaknya tentu tidak hanya bagi perekenomian daerah, tapi masyarakat juga,” ucapnya, Minggu (23/7).

Untuk dapat memaksimalkan hal itu pemerintah bisa menggandeng sektor industri kecil dan menengah (IKM) dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Terlebih sektor ini telah mengalami pertumbuhan kinerja yang sangat baik pasca pandemi Covid-19 yang terjadi.

Dukungan yang diberikan tentu tidak hanya sebatas pelatihan untuk meningkatkan kemampuan pelaku IKM dan UMKM untuk menghasilkan produk kuliner yang memiliki standar kualitas yang baik, tapi juga membantu masyarakat mengorganisir penjualan atau pemasaran produk kuliner.

“Dengan terobosan ini pastinya pariwisata tidak hanya menjadi wadah pengembangan sosial budaya Kalteng saja, namun pariwisata bisa menjadi salah satu sektor penting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah, terutama membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat,” imbuhnya. (irj/ans/kpfm)

147 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.