Masyarakat Diminta Waspadai Black Campaign

Duwel Rawing

PALANGKA RAYA-Anggota DPRD Kalteng, Duwel Rawing mengingatkan kepada masyarakat agar dapat mewaspadai black campaign atau kampanye hitam menjelang pemilu 2024.

Menjelang pemilu pastinya akan ada berbagai upaya saling menjatuhkan antar lawan politik dengan melakukan black campaign, sehingga masyarakat harus dapat berhati-hati dan selektif dalam memilah kebenaran dari informasi yang tersebar.

“Terkait black campaign ini setiap menjelang pemilu pasti ada, tidak bisa kita hindari hal itu. Masyarakat harus waspada dan jangan sampai mudah percaya tanpa adanya dukungan data yang valid, sebisa mungkin selektif memilah informasi,” ucapnya, Selasa (1/8).

Selain itu, ia juga mengingatkan kepada para pelaku politik maupun tim sukses masing-masing supaya tidak melakukan jalan pintas dengan cara saling menjatuhkan. Ada baiknya dalam bersaing, itu harus dilakukan dengan fair dan usaha yang positif.

“Sebaiknya bersaing secara sehat terutama untuk menarik simpati masyarakat, hindari black campaign. Sebab, politik seperti itu tidak bagus dan menyesatkan karena belum tentu apa yang disebar itu benar apalagi tidak didukung data yang valid,” tuturnya.

Di sisi lain, bagi masyarakat sebagai pemegang hak suara ketika dalam pemilihan jangan sampai hanya terbuai janji manis serta percaya dengan sebaran black campaign, akan tetapi sebelum memilih sebaiknya dilihat rekam jejak calon tersebut terlebih dahulu.

“Ketika pelaku politik melakukan black campaign pastinya patut diragukan, sebab belum terpilih saja dia menyebar berita bohong apalagi setelah terpilih, begitu juga dengan janji-jani yang tidak masuk akal. Pilih lah sesuai dengan hati nurani dan rekam jejak calon itu,” ungkapnya. (irj/ans/kpfm)

81 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.