Siswa-siswi Makin Siap Ikuti Seleksi Masuk Perguruan Tinggi

Tryout UTBK Kalteng Berkah

TRYOUT: Siswa-siswi SMKN 2 Palangka Raya antusias mengikuti tryout UTBK di sekolahnya, Kamis (22/2). Foto: ARIEF PRATHAMA/KALTENG POS

PALANGKA RAYA – Pelaksanaan Tryout UTBK Kalteng Berkah terus dilangsungkan. Tak hanya dilaksanakan untuk Sekolah Menengah Atas (SMA), tetapi juga SMK se-Kalteng. Salah satunya dilaksanakan di SMKN 2 Palangka Raya, Kamis (22/2). Dilaksanakannya Tryout UTBK di SMKN 2 Palangka Raya membuat para pelajar di sekolah setempat merasa sangat terbantu untuk menghadapi tes UTBK sebenarnya.

Kepala SMKN 2 Palangka Raya, Lilik Setyawati mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran melalui Disdik Kalteng yang telah menginisiasi program tersebut. Lilik menyebut, pada tahun-tahun sebelumnya pihaknya belum bisa mengikutsertakan semua siswa untuk mengikuti Tryout UTBK karena keterbatasan dana.

“Tahun-tahun sebelumnya kami belum bisa mengikutsertakan semua. Pembiayaaannya dari dana BOS. Tapi dengan adanya pembiayaan dari Pak Gubernur melalui Plt Kepala Disdik Kalteng Pak Reza Prabowo yang mendukung kami sehingga semua siswa bisa mengikutinya,” ujarnya kepada Kalteng Pos di sela-sela kegiatan Tryout UTBK Kalteng Berkah saat ditemui di ruang kerjanya.

Menurut Lilik, dengan adanya Tryout UTBK ini seluruh siswa-siswi SMKN 2 Palangka Raya kelas 12 sudah dapat merasakan bagaimana mengerjakan soal-soal tes masuk kampus. Yang mana pada tahun sebelumnya tidak semua siswa dapat mengikuti program serupa.

“Dari sini anak-anak sudah siap dengan soal-soal masuk perguruan tinggi, yang mana dalam mengerjakannya membutuhkan manajemen waktu yang baik dan tidak bisa semaunya sendiri,” tuturnya.

Semua pelajar dapat merasakan mengikuti try out ini. Pada tahun sebelumnya, terdapat 300-an siswa kelas 12 tetapi yang bisa ikut serta untuk Tryout UTBK masih 100-an siswa. Tahun ini terdapat 350 siswa dan semuanya bisa merasakan mengerjakan soal-soal tes masuk perguruan tinggi.

Ia berharap program ini terus berlanjut, karena bagus dan sangat membantu, terutama bagi pelajar dari keluarga-keluarga yang kurang mampu. Sebab, tidak semua pelajar bisa mengikuti kursus-kursus atau berbagai bimbingan belajar (bimbel) UTBK di lembaga-lembaga yang notabene berbayar. “Adanya try out ini sangat membantu dan semoga program ini bisa diteruskan,” tambahnya.

Lilik menyebut, ada cukup banyak siswa kelas akhir SMKN 2 Palangka Raya yang ingin melanjuktan belajar ke perguruan tinggi. Beberapa ada yang ingin melanjutkan kuliah ke Yogyakarta, tetapi mayoritas ingin melanjutkan studi di Palangka Raya. Pihak sekolan menekankan kepada para alumninya untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat. Sebab, melalui pendidikan lah nasib seseorang bisa berubah.

“Kebanyakan mau ke UPR, IAIN, bahkan IAKN. Rata-rata ingin melanjutkan di Palangka Raya. Ada sekitar 100-an orang mau melanjutkan ke perguruan tinggi,” jelasnya.

Tak hanya tryout, Lilik menyebut Edubrand selaku pelaksana kegiatan ini juga menyediakan layanan bedah soal-soal UTBK. Bedah soal tersebut, ujarnya, dilaksanakan setiap hari Sabtu secara online oleh Edubrand, sehingga membantu anak-anak dalam hal pemahaman materi dan soal-soal yang biasanya muncul di tes masuk perguruan tinggi.

Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Kurikulum SMKN 2 Palangka Raya, Anastasia Suahayanti menambahkan, pelaksanaan Tryout UTBK Kalteng Berkah di SMKN 2 Palangka Raya sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari. Dalam pelaksanaannya, ujar Anas, lancar dan tidak mengalami kendala.

“Kami memiliki komputer 70 unit. Siswa kami 350. Kami buat per dua sesi untuk try out-nya, semua kelas 12 mengikutinya. Kami siapkan sembilan ruangan, lab satu dan lab dua dan beberapa kelas. Tujuh ruangan untuk android dan dua ruangan untuk komputer. Anak-naka mengikuti dengan baik dan antusias,” ujarnya.

Salah seorang siswa partisipan Tryout UTBK Kalteng Berkah, Zainab, mengaku sangat terbantu dengan adanya program tersebut. Sebagai lulusan SMK yang memilih untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi, dirinya dapat mengenal dan memahami soal-soal yang akan dihadapi pada UTBK nanti.

“Sangat terbantu, jadi tahu gambaran soal-soal UTBK yang akan keluar, kebetulan saya mau melanjutkan studi ke perguruan tinggi di sini, kalau tidak ke UPR bisa ke IAIN,” ujar siswa dari jurusan perkantoran SMKN 2 Palangka Raya ini.

Zainab berencana untuk mengambil jurusan komunikasi atau yang satu rumpun dengan jurusan yang ia ambil di SMK, yakni bidang perkantoran. Ia berharap program yang sama dapat terus ada sehingga membantu adik kelasnya nanti untuk bisa semakin siap menghadapi ujian masuk perguruan tinggi.

“Harapannya program seperti ini bisa dilanjutkan lagi, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak sekolah, dinas pendidikan, dan Pak Gubernur yang telah melaksanakan tryout ini,” tuturnya. (dan/ala/kpfm)

69 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.