Beberapa Kesalahan yang Sering Dilakukan Umat Muslim saat Jalankan Puasa Ramadhan

Foto : Ilustrasi from Canva

Bulan Ramadan penuh berkah yang sudah ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia segera datang dalam hitungan hari.

Tentunya, seluruh umat Muslim antusias dalam menyambut bulan Ramadan dan berlomba-lomba meningkatkan kualitas ibadah selama sebulan penuh.

Salah satunya dengan memaksimalkan ibadah puasa yang wajib dilakukan pada bulan Ramadan oleh umat Muslim.

Namun, tidak sedikit umat Muslim yang masih melakukan kesalahan saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Sehingga akibatnya, mereka malah mengalami sakit dan menyebabkan tidak maksimalnya dalam menjalankan puasa Ramadan.

Berikut ini rangkuman beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat berpuasa dari cuitan akun X @afrkml yang merupakan seorang perawat dan edukator gaya hidup sehat:

Nah apa saja kah Kesalahan-kesalahan yang sering kita lakukan saat berpuasa.

Yuk disimak nih penjelasannya

  1. Minum Teh Hangat atau Kopi saat Sahur

Hal yang sering dilakukan oleh umat Muslim saat sahur di bulan Ramadan adalah mengonsumsi teh hangat atau kopi.

Padahal, dua minuman tersebut sebaiknya tidak diminum saat sahur karena menyebabkan buang air kecil terus-menerus. Sehingga, cairan dalam tubuh akan terbuang dan menyebabkan rasa lemas pada tubuh dengan cepat setelah sahur.

  • Minum Terlalu Banyak saat Sahur

Mindset yang masih dimiliki oleh kebanyakan orang juga adalah banyak mengonsumsi air putih saat sahur untuk menghindari rasa haus selama menjalankan puasa. Faktanya, tubuh tidak membutuhkan terlalu banyak minum dan akan menyebabkan buang air kecil terus-menerus sehingga cairan juga terbuang dan tubuh akan terasa lemas.

  • Tidur Setelah Sahur

Tidur atau sekadar merebahkan tubuh setelah sahur juga banyak dilakukan karena rasa kantuk yang melanda ketika tubuh harus bangun dini hari.

Namun, hal tersebut meningkatkan risiko refluks dan risiko gerd. Tidur setelah sahur akan menyebabkan rasa sakit pada lambung.

  • Terlalu Banyak Makan saat Berbuka

Tidak sedikit yang seolah ‘melampiaskan’ rasa lapar seharian dengan makan terlalu banyak ketika berbuka puasa. Anjuran yang sebaiknya dilakukan adalah mengonsumsi makanan padat kalori dan serat saat sahur, dan berbuka dengan makanan ringan setelah lambung kosong selama seharian.

  • Melewatkan Sahur

Sahur adalah hal yang sangat penting saat menjalankan ibadah puasa, meskipun seringkali dianggap remeh. Melewatkan sahur akan berisiko kurang tercukupinya nutrisi harian dan meningkatkan risiko penyakit lambung selama berpuasa.

  • Makan Banyak Karbohidrat saat Sahur

Hal ini juga sering dilakukan untuk mencegah rasa lapar selama menjalankan ibadah puasa, terutama bagi yang sibuk dan memiliki aktivitas berat.

Tapi, makan sahur dengan terlalu banyak kandungan karbohidrat justru akan menyebabkan rasa lemas mulai pukul 09.00-10.00 pagi.

  • Tidak Olahraga Selama Puasa

Rasa lemas saat berpuasa seringkali membuat malas untuk melakukan kegiatan yang biasa dilakukan di hari biasa, salah satunya olahraga.

Berolahraga ringan selama puasa masih bisa dilakukan dan justru akan menimbulkan risiko jika tidak dilakukan.

Antara lain risiko otot mengecil, semakin mudah merasa lemas, pusing, mudah ngantuk, dan terasa pegal-pegal.[101kpfm/jpc]

75 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.