Mengejutkan! 14.591 Orang Tercatat Menderita Stroke

jpnn.com, SURABAYA – Jumlah warga Jawa Timur yang mengidap penyakit stroke hingga 2019 mencapai 14.591 orang.Jumlah ini menurun dibandingkan tahun 2018 yang mencapai 46.248 orang. Pola hidup yang tak sehat hingga timbulnya penyakit hipertensi dan diabetes masih menjadi pemicu utama penyakit stroke.

Data jumlah penderita penyakit stroke ini disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak, di depan ribuan dokter spesialis saraf di salah satu hotel di Surabaya Selatan.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 7.483 berjenis kelamin laki-laki dan sisanya 7.108 perempuan. Meski angka mencapai 14 ribu.

Namun, jumlah ini menurun jauh dibandingkan tahun 2018 yang mencapai 46.248 orang. Sementara di tahun 2017, jumlah penderita stroke mencapai 22.463 orang.

Guna menekan penderita stroke di Jawa Timur, Emil Dardak mengatakan telah memperkuat tiga rumah sakit di Surabaya, Malang dan Madiun.

“Ke depan, akan mengembangkan di Kabupaten Jember dan Sampang Madura,” ujar Emil.

Sementara itu Dokter Isti Suharjanti, spesialis saraf mengatakan, masih tingginya jumlah pasien stroke dikarenakan pola hidup yang salah.

“Salah satunya, dengan mengonsumsi gula meski menderita diabetes,”

Dari data di Rumah Sakit Dokter Soetomo Surabaya, angka penderita stroke dari tahun ke tahun semakin meningkat.

Yang mengkhawatirkan, saat ini, stroke tidak hanya penyakit orang tua, tapi mulai menjangkiti anak muda.

Banyaknya anak muda yang menderita stroke lantaran mengonsumsi narkoba, rokok dan junk food.(end/jpnn)

292 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.