Pemkab Dapat Bantuan Pengembangan Budidaya Ikan

Bupati Sukamara H Windu Subagio saat kunjungan kerja di Kecamatan Jelai belum lama ini.( RUSLAN/ KALTENG POS)

SUKAMARA – Pemerintah Kabupaten Sukamara mendapatkan bantuan untuk pengembangan budidaya ikan dan udang oleh Kementerian Kelautan dan Perikananan RI. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Sukamara H Windu Subagio di sela-sela kunjungan kerjanya di kawasan pesisir Kecamatan Pantai Lunci dan Kecamatan Jelai belum lama ini.

Bupati Sukamara H Windu Subagio mengatakan, dirinya bersama dengan Dinas Perikanan Sukamara telah melakukan pertemuan dengan Menteri Kelautan dan Perikananan (KKP) RI beberapa waktu lalu.

“Dari hasil pertemuan tersebut, telah disepakati bahwa Kementerian KP akan membantu budidaya di Kabupaten Sukamara khususnya di Kecamatan Jelai dan Pantai Lunci,” ujar Bupati Sukamara H Windu Subagio belum lama ini.

Dia menjelaskan, secara teknis nantinya akan ada beberapa tempat percontohan. Inilah yang kemudian penerapan budidaya ikan ataupun udang ini bisa menjadi keterampilan warga untuk ditularkan kepada masyarakat khususnya yang tinggal di kawasan pesisir.

“Saat ini kita sudah mulai melakukan percobaan budidaya ikan kakap di Desa Sungai Pasir. Kemudian tambak udang paname juga akan dicoba. Insya Allah bulan depan kita sudah menebar benih udangnya,” jelasnya.

Sehingga diharapkan ke depan dengan adanya percontohan ini, bisa menjadi bahan dan evaluasi bagi Kementerian Kelautan dan Perikananan RI untuk menilai keseriusan pemerintah Kabupaten Sukamara dalam pengembangan budidaya udang dan ikan tersebut.

“Setelah itu KKP berdasarkan kesepakatannya juga sudah bersedia memberikan bantuan, diantaranya program pembuatan kawasan pertambakan di Kabupaten Sukamara,” pungkasnya. (lan/hen/iha/CTK)

182 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.