2020, Pemdes Hajak Prioritas Pembangunan Pembukaan Jalan

Kepala Desa Hajak Suriono (kanan) saat meninjau pembangunan parit di desa setempat, Senin (17/2). (PWI BATARA UNTUK KALTENG POS)

MUARA TEWEH- Pemerintah Desa (Pemdes) Hajak Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara (Batara) pada tahun anggaran 2020 ini memprioritaskan pembangunan pembukaan jalan dari SD Hajak 1 menuju SMPN 8 Hajak. Pembangunan pembukaan jalan tersebut menggunakan dana desa (DD).

“Salah satu program yang akan dilaksanakan Pemdes Desa hajak yaitu pembukaan jalan menuju SD Hajak 1 menuju SMPN 8 Hajak kurang lebih 315 meter,” kata Kepala Desa Hajak Suriono di Kantor Desa Hajak, Senin (17/2).

Selain itu, jelasnya pihaknya juga melaksanakan pembuatan WC, pembuatan parit di RT 7 sepanjang 170 meter, pembuatan pelabuhan untuk bongkar muat di RT 7, pembuatan WC umum di RT 11, pembuatan Pos Kamling di RT 7 dan RT 4. Selain itu, juga pembangunan patok tata batas (gapura) desa, perwatan jalan Hajak-Malawaken dan direncanakan akan diresmikan oleh Bupati Barito Utara pada Agustus nanti.

“Pada tahun ini Pemdes Hajak juga akan mempersiapkan kegiatan untuk mengikuti lomba desa tingkat Kabupaten Barito Utara,” tegas Suriono.

Kades Hajak menambahkan, bahwa pada tahun anggaran 2019 lalu, pihak Pemdes telah melaksanakan pembangunan dengan menggunakan DD. Untuk DD pada tahap I dan II, Pemdes Hajak melaksanakan pembukaan jalan Hajak Malawaken sepanjang 7,5 kilometer, pembuatan parit di RT 2 sepanjang 25 meter dan pembuatan turap di balai pertemuan.

Untuk pembangunan tahap III, Pemdes Hajak telah menyelesaikan pembangunan jalan lingkungan di RT 7 sepanjang 80 x 3 meter, jalan gang keluarga di RT 8 sepanjang 50 x 2 meter.

Kemudian, pembangunan jalan lingkungan di RT 9 sepanjang 90 x 3 meter, pembangunan jalan di RT 10 menuju aula pertemuan sepanjang 150 x 4 meter.

“Pemdes Hajak juga pada tahun anggaran 2019 lalu juga menyelesaikan pembuatan parit limbah keluarga sepanjang 90 meter di RT 5 serta pembuatan patok desa (pembangunan gapura) yang di bangun di setiap batas desa,” pungkas Suriono.(her/uni)

148 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.