Jaga dan Lestarikan Kearifan Budaya Lokal

Anggota Komisi A DPRD Kota Palangka Raya Foto bersama jajaran BPPRD Kota Palangka Raya selesai melaksanakan kunker, belum lama ini. Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto (Foto Bawah) (DPRD KOTA UNTUK KALTENG POS)

PALANGKA RAYA-Indonesia dikenal memiliki banyak keanekaragaman budaya, sebagai aset penting yang patut jaga kelestariannya. Dengan disertai keunikannya budaya juga sebagai pedoman hidup manusia yang dilakukan secara kelompok atau masyarakat yang sudah diwariskan secara turun temurun.

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto menjelaskan, budaya merupakan identitas suatu bangsa. Maka tugas semua pihak terutama generasi muda sebagai penerus selanjutnya menjaga dan melestarikan identitas bangsa tersebut, terutama bagi orang-orang yang terdapat di dalamnya.

“Masyarakat juga mempunyai peranan penting dalam melestarikan budaya, termasuk juga para generasi muda yang nantinya akan menjadi penerus bangsa. Karena nantinya tidak hanya dalam kanca politik saja, aset bangsa tersebut pun menjadi tanggung jawab bagi generasi muda,” jelas Sigit kepada awak media Kalteng Pos (Grup Kaltengpos.co) Senin (3/2).

Sigit mengatakan, hal inilah yang menjadi tantangan besar bagi kaum generasi muda, bagaimana bersikap bijak dan bertanggung jawab terhadap budayanya sendiri. Karena sudah sepatutnya mereka membanggakannya dan berusaha menghalau budaya-budaya luar yang dapat menggeser kearifan budaya lokal yang telah kita jaga.

“Ini merupakan tantangan untuk kita bersama, jika kita lalai akan budaya maka sama halnya kita mencabut akar dari budayanya sendiri, dimana nantinya akan melahirkan budaya yang tidak berindentitas, bahkan akan terjebak kepada euphoria dengan budaya asing yang tak jelas arahnya,” beber Politisi PDI Perjuangan tersebut.

Diungkapkannya, mencintai budaya sendiri bukan berarti dikatakan kuno atau pun ketinggalan jaman. Paradigma inilah yang harus dipegang oleh para generasi muda saat ini, dengan mencintai kebudayaan bangsa sendiri adalah modal utama sebagai pendobrak budaya asing yang akan masuk menggeser kearifan budaya lokal. (pra/ari/dar)

163 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.