Bupati Terbitkan Instruksi Terkait Wabah Corona

PENYAMBUTAN : Bupati Sukamara Windu Subagio bersama Wabup Ahmadi saat menyambut kedatangan jemaah haji asal Kabupaten Sukamara beberapa waktu lalu. RUSLAN/ KALTENG POS

SUKAMARA – Menyikapi wabah virus corona atau coronavirus disease 2019 (Covid-19) yang terus berkembang dan menjadi perhatian dunia saat ini, Pemerintah Kabupaten Sukamara resmi mengeluarkan surat instruksi bupati. Instruksi bupati itu dalam rangka mengantisipasi dan kesiapsiagaan terhadap penyebaran virus corona di Sukamara.

Surat yang ditandatangani Bupati Sukamara H Windu Subagio tersebut menginstruksikan langsung kepada seluruh perangkat daerah dan jajaran instansi di lingkungan Pemkab Sukamara agar menjadi perhatian bersama serta fokus dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 di masyarakat Kabupaten Sukamara.

“Perangkat daerah dapat meningkatkan koordinasi dalam mencegah dan mendeteksi Covid-19, serta melakukan pemantauan status kesehatan terhadap orang yang bepergian dan datang, khususnya dari wilayah terjangkit Covid-19 dalam 14 hari terakhir sejak kedatangan,” ujar Bupati Windu Subagio, Senin (16/3).

Selain itu, instansi tarkait yang bertugas menangani Covid-19, diantaranya Dinas Kesehatan dan rumah sakit diminta agar meningkatkan koordinasi dan maksimal dalam penanganan wabah virus corona di daerah itu.

“Diantaranya dengan melakukan perawatan dan rujukan sesuai dengan standar serta melaporkan dalam waktu 24 jam secara berkala bila ditemukan orang yang terinfeksi Covid-19,” jelasnya.

Pencegahan juga harus dimaksimalkan di tingkat kecamatan. Dalam hal ini camat beserta puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya untuk memantau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan penyebaran Covid-19, serta aktif mencari informasi terhadap masyarakat yang berangkat maupun datang dari daerah yang terjangkit, serta melaporkannya kepada petugas kesehatan.

“Masyarakat juga diimbau untuk tetap tenang dan waspada jika memiliki riwayat perjalanan ke negara yang terjangkit, serta berinisiatif untuk memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat,” imbaunya.

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk terus membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat. Diantaranya menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun ataupun antiseptik serta rutin berolahraga. (lan/ens)

214 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.