Anggaran Pilkada Dialihkan untuk Penanganan Covid-19

FAHRIZAL FITRI

Sekda: Realokasi APBD Kalteng Masih Berproses

SESUAI arahan pemerintah pusat, seluruh pemerintah daerah wajib melakukan realokasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) masing-masing. Untuk di Kalteng, realokasi ini masih berproses dan masih dilakukan pencermatan.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kalteng, Nuryakin mengatakan, saat ini Tim Anggaraan Pemerintah Daerah (TAPD) Kalteng sedang mencermati beberapa kegiatan di seluruh perangkat daerah (PD) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng.

“Saat ini masih berproses dan TAPD Kalteng sedang melakukan pencermatan terhadap kegiatan-kegiatan yang ada di PD lingkup Pemprov Kalteng,” tulisnya melalui pesan WhatsApp kepada Kalteng Pos, Selasa (14/4).

Dijelaskannya, penyesuaian belanja kegiatan di tiap PD ini dilakukan sesuai keputusan bersama antara Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dengan Menteri Keuangan (Menkeu) pada 9 April  lalu.

Sebelumnya, Sekda Kalteng Fahrizal Fitri pun menyebutkan, pihaknya berencana melakukan recofusing anggaran, yang nantinya difokuskan untuk dana penanggulangan Covid-19. Dana ini dihimpun dari anggaran yang dianggap bukan prioritas di tiap PD.

“Nanti tiap PD akan dilakukan recofusing. Anggaran yang tidak diprioritaskan, maka akan difokuskan ke penanggulangan Covid-19. Untuk Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalteng sendiri, anggarannya sudah langsung masuk ke penanggulangan Covid-19 ini,” kata sekda belum lama ini.

Bahkan, dana yang akan digunakan untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) pun akan dialihkan untuk penanganan Covid-19. “Dana yang dialokasikan untuk pilkada dan dihibahkan kepada KPU juga akan dialihkan untuk penanggulangan Covid-19 di Kalteng ini,” pungkasnya. (abw/ahm/ce/ram/kpfm)

243 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.