Gara gara Covid-19; Lebaran ini Salat Id di Rumah Saja

TIM GUGUS KOTA UNTUK KALTENG POS
RAPAT: Ketua Harian Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Palangka Raya Emi Abriyani (berkerudung) saat mengikuti rapat pembahasan pelaksanaan salat Idulfitri di Aula Kemenag Kota, Senin (18/5).

Keputusan Gugus Tugas dan Tokoh Agama di Kota Palangka Raya

KETUA Harian Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Palangka Raya Emi Abriyani menyampaikan, bahwa pelaksaan ibadah salat Idulfitri di lapangan terbuka dan di masjid-masjid pada tahun ini ditiadakan. Jemaah diarahkan untuk melakukan ibadah di rumah masing-masing.

Hal itu sudah diputuskan dalam Rapat pembahasan soal pelaksanaan salat Idulfitri digelar kemarin (18/5). Rapat yang berlangsung di Aula Kementrian Agama (Kemenag) Kota Palangka Raya itu dimulai pukul 12.30 hingga 13.30 WIB.

Pesertanya adalah perwakilan Kemenag, MUI, DMI, PCNU, DPD Muhamadiyah, dan Fatwa MUI Kota Palangka Raya. “Jadi untuk salat Id di masjid atau lapangan tidak dibolehkan, karena hal tersebut berpotensi mengumpulkan orang banyak,” ucapnya saat diwawancarai wartawan Kalteng Pos, Senin (18/5).

Sementara itu, menurut Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palangka Raya H Zainal Arifin, mekanisme perayaan Hari Raya Idulfitri di Kota Cantik ini tetap diperbolehkan, tetapi ada beberapa hal yang dibatasi.

Salah satunya, masyarakat diminta merayakan bersama keluarga di rumah saja. Atau boleh saja merayakan dengan tetangga, tetapi hanya tetangga terdekat yang dipastikan kondisinya sehat alias bebas Covid-19. Sangat dianjurkan untuk tidak bersalaman.

Di sisi lain, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palangka Raya Achmad Farihin mengatakan, untuk perayaan Idulfitri tahun ini, masyarakat diminta untuk tidak merayakan semeriah tahun lalu. Umat muslim diminta merayakan dengan sederhana, dengan tetap di rumah, alias tidak jalan-jalan untuk berkunjung ke rumah teman atau sanak saudara. Dikhawatirkan akan rawan terjadi transmisi lokal Covid-19.

“Kami minta agar masyarakat bisa menerapkan protokol Covid-19 di rumahnya, yaitu dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan menggunakan masker jika keluar rumah. Semoga wabah Covid-19 ini cepat berakhir di wilayah Kota Palangka Raya,” pungkasnya. (kaltengpos/KPFM-101)

342 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.