HUT ke-47, Sugianto Menuai Banyak Pujian

DOA SYUKUR: Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran didampingi istri Yulistra Ivo Azhari dan Agustiar Sabran bersama jajaran Forkopimda dan masyarakat doa bersama usai memberikan kejutan di Istana Isen Mulang, Minggu dini hari (5/7).

Didoakan Tetap Sehat, Diminta Terus Berkarya untuk Kalteng

MINGGU (5/7) kemarin adalah hari kelahiran H Sugianto Sabran. Pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-47 sang Gubernur Kalimantan Tengah menuai banyak pujian. Tokoh agama, adat, pemuda, birokrat, politisi, pengusaha, hingga seniman dan masyarakat seakan-akan bertubi-tubi menyampaikan ucapan selamat melalui berbagai media.

Bahkan banyak kalangan bersama Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) sengaja  memberikan kejutan perayaan ulang tahun di Istana Isen Mulang, Minggu dini hari (5/7). Perayaan hari kebahagiaan yang sederhana itu diapresiasi Gubernur Sugianto beserta istri Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran dan Agustiar Sabran. Jadilah perayaan hari lahir tersebut sekaligus doa syukur bersama.

ALHAMDULILLAH, ini kejutan bagi saya dari forkopimda Kalteng. Saya juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kalteng yang memberikan ucapan dan doa kepada saya. Terima kasih juga kepada masyarakat yang mendoakan serta memberikan semangat kepada saya dalam berkarya membangun Bumi Tambun Bungai ini,” kata Sugianto Sabran.

Pada kesempatan itu, Sugianto juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat atas kesalahan dan khilaf dalam memimpin Bumi Tambun Bungai selama ini. “Jika saya ada salah dan keliru, saya mohon maaf. Itu semua karena saya sebagai manusia biasa. Pun, jika yang saya lakukan baik, itu adalah kuasa dan berkah dari Allah Swt.,” sebut Sugianto.

Tahun ini usia ke-47 terasa sangat istimewa, karena merupakan merupakan tahun keempat masa pemerintahannya, sejak dilantik 25 Mei 2016 lalu. Komitmennya untuk mewujudkan Kalteng Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis (BERKAH) semakin nyata. Dedikasinya membangun Kalteng dengan keuletan dan keberanian hampir seluruhnya terbukti.

Misalnya Pembangunan di berbagai sektor, adanya peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) yang mencapai enam kali lipat atau mencapai 626 persen, perhatian penuh terhadap dunia pendidikan, hingga merelakan semua gaji dan tunjangannya selama lima tahun sebagai gubernur untuk disumbangkan kepada masyarakat Kalteng yang terdampak Covid-19. Sugianto sangat peduli dan suka berbagi.

Tidak salah jika para bupati dan walikota, akademisi, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta tokoh adat di Bumi Tambun Bungai mengapresiasi capaian kinerja Sugianto Sabran. Bahkan mereka menyampaikan harapan dan doa supaya Sugianto selalu sehat dan tetap meluangkan waktu, pikiran dan tenaga dengan totalitas untuk membawa kemajuan dan kesejahteraan warga Kalteng.

“Semoga selalu dalam rida Allah Swt dalam mewujudkan Kalteng BERKAH. Semoga keselamatan dan keberkahan serta kesuksesan selalu menyertai,” kata WaliKota Palangka Raya Fairid Naparin.

Bupati Katingan Sakariyas juga tak ketinggalan menyampaikan ucapan selamatnya. Demikian juga dengan Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Hj Nurhidayah. “Semoga beliau (Sugianto Sabran) lebih membuktikan dedikasi untuk membangun Kalteng dan melanjutkannya untuk mewujudkan Kalteng BERKAH. Masyarakat sangat berharap dengan pemimpin yang bersahaja dan dekat dengan rakyat,” katanya.

Sugianto Sabran juga dinilai sebagai sosok yang inspiratif. Selama kepemimpinannya ia dikenal sangat dermawan. Kepeduliannya yang besar terhadap generasi penerus di Kalteng patut diacungi jempol. Terbukti dengan pengalokasian dana beasiswa untuk pendidikan. “Semoga sehat, panjang umur, dan menjadi berkah bagi kemamkuran masyarakat Kalteng,” timpal Rektor Universitas Palangka Raya Andire Elia Embang.

Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya sekaligus Ketua Umum Badan Pengelola Masjid Raya Darussalam Palangka Raya, Khairil Anwar mengakui kepedulian Sugianto terhadap mahasiswa di Kalteng, termasuk mahasiswa IAIN Palangka Raya. “Saya menilai beliau (Sugianto, red) berhasil dalam memimpin Kalteng dengan segala capaian selama ini,” katanya saat diwawancarai Kalteng Pos di IAIN Palangka Raya. 

Apresiasi serupa juga diutarakan Rektor Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP) Sonedi. Ia menyebut bahwa Sugianto Sabran adalah sosok yang sangat peduli terhadap dunia pendidikan, berjiwa sosial tinggi, dan kedermawanannya sudah banyak diakui masyarakat Bumi Pancasila ini. Bahkan pembangunan bisa berjalan baik. Salah satunya yakni pembangunan di bidang pendidikan.

Karenany tokoh agama yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalteng KH Anwar Isa Lc juga mendoakan Sugianto Sabran dapat menunaikan tugasnya dengan sebaik-baiknya sebagai orang nomor satu di Kalteng. “Insyaallah masyarakat masih berharap untuk kepemimpinan pada periode selanjutnya untuk mewujudkan Kalteng BERKAH,” tegasnya.

Ketua PWNU Kalteng HM Wahyudie F Dirun menilai, selama empat tahun lebih Sugianto Sabran memimpin, kemajuan Kalteng patut diperhitungkan. Tak hanya itu, predikat sebagai daerah yang bersih dari korupsi dengan bukti mendapat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) secara berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI), membuat nama Sugianto kerap diperbincangkan dalam kancah nasional.

“Yang membuat saya bangga adalah perhatiannya dengan umat sangat luar biasa. Selain itu, dia juga tetap menjaga keragaman sebagai falsafah huma betang di tanah Dayak,” ungkapnya.

Ketua Umum Majelis Besar Agama Hindu Kaharingan Kalteng Walter S Penyang juga mengakui, Sugianto adalah sosok pemimpin yang lahir dari rakyat, dikenal sederhana, merakyat, inspiratif, dan suka berbagi dengan masyarakat kecil. Juga mencintai serta menyayangi keluarga. “Kami mengucapkan terima kasih atas pengabdian dan pencapaian yang diraihnya selama ini dalam membangun Kalteng,” ucapnya.

Uskup Palangka Raya Mgr Aloysius Sutisnaatmaka MSF juga punya pandangan yang sama. Dia bahkan menyebut Sugianto Sabran sebagai gubernur yang cepat tanggap dan peduli dengan masyarakat.  “Selain terus memperhatikan keperluan masyarakat pada segala bidang kehidupan, kami berharap agar perhatian pemerintah untuk semua agama sama tanpa membeda-bedakan, baik soal ibadah maupun sarana prasarana ibadah yang dibutuhkan,” ungkapnya.

Ketua PGI Wilayah Kalteng Pdt Mediorapano mengatakan, prestasi yang sudah dicapai Sugianto mesti harus dipertahankan dan dilanjutkan untuk mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Kalteng. “Kepemimpinan H Sugianto Sabran telah berhasil melajutkan, melaksanakan, dan mempertahankan pengelolaan keuangan daerah secara baik,” ujarnya.

Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tandak Intan Kaharingan, Parada L.KDR juga merasa bangga dengan sosok Sugianto Sabran sebagai pemimpin yang sederhaha, merakyat, inspiratif, berjiwa sosial, menjaga keberagaman, serta pemimpin yang dicintai keluarga dan rakyatnya. “Kami juga mendukung semoga berbagai capaian yang sudah diraihnya selama ini terus dilanjutkan,” ujarnya.

Tak ketinggalan sang Kakak, H Agustiar Sabran yang juga sebagai Ketua DAD Kalteng menyampaikan ucapan selamat ulang tahun, seraya  memuji capaian yang diraih oleh Sugianto Sabran selama memimpin Kalteng. Namun diakuinya hasil ini diraih berkat kerja sama yang apik dengan jajarannya, terutama dalam pengelolaan keuangan daerah untuk mewujudkan Kalteng BERKAH.

“Saya sangat mengapresiasi dengan raihan itu. Ini merupakan sejarah bagi Kalteng. Semoga juga jadi motivasi dan semangat untuk menjalankan roda pemerintahan ke depan yang lebih baik lagi. Semoga ini akan terus ditingkatkan dalam kepemimpinan H Sugianto pada periode selanjutnya,” pungkasnya. (kaltengpos/KPFM-101)

356 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.